Sekilas Info

Rencana Pemprov Renovasi Wisma Maluku “The Molucca” di Jakarta Didukung Kalangan DPRD

Wisma Maluku yang juga beroperasi sebagai Hotel The Molucca di kawasan Kebon Kacang Jakarta selama ini dikelola pihak ketiga.

satumalukuID - Rencana pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku melakukan renovasi terhadap Wisma Maluku yang ada di Jakarta mendapat dukungan positif dari Komisi C DPRD provinsi setempat sehingga bisa dilakukan penataan serta pembenahan lebih komprehensif.

"Baik secara pribadi maupun selaku anggota komisi C DPRD Maluku, kami mendukung renovasi total salah satu aset Pemprov," kata anggota komisi C DPRD setempat, Habiba Pelu di Ambon, Kamis (18/7).

Renovasi ini harus dilakukan karena secara infrasrtukturnya, struktur bangunan itu sudah tidak memadai, dan kebanyakan teman-teman anggota legislatif saat ke Jakarta lebih memilih tinggal di luar Wisma Maluku.

Sebab banyak infrastruktur bangunan Wisma Maluku yang sudah mengalami kerusakan, misalnya saja saluran air bersih saja sudah rusak dan kalau mau mandi maka warna airnya sudah seperti air telaga.

Kemudian tempat-tempat tidur yang ada di Wisma Maluku juga sudah patah dan konstruksi bangunannya sudah tidak bagus.

Sehingga kalau mau dilakukan renovasi secara keseluruhan oleh Pemprov Maluku agar lebih bagus maka itu tidak jadi persoalan dan memang sudah menjadi sebuah kebutuhan.

Karena letak Wisma Maluku di Jakarta ini sebenarnya sangat strategis dan para legislator dari provinsi lain di Indonesia yang datang ke Jakarta untuk mengikuti program Bimtek juga lebih memilih wisma tersebut sebab letaknya ada di jantung kota Jakarta.

"Bila sudah dilakukan renovasi menyeluruh, maka teman-teman dari daerah juga harus menginap di sana karena dampak positifnya adalah memberikan PAD bagi Maluku," ujarnya.

Untuk masalah tenaga kerja yang sudah ada selama ini juga perlu dipikirkan oleh pemerintah daerah sehingga jangan hanya akibat renovasi gedung lalu mereka dikorbankan atau menjadi nganggur.

Wisma Maluku dibangun sejak Karel Albert Ralahalu menjadi gubernur Maluku. Gedung berlantai delapan yang diberi nama The Molucca terletak di Kebon Kacang, Jakarta Pusat  tersebut.

Selama ini Pemprov Maluku mempercayakan pengelolaan The Molucca kepada pihak ketiga yang ingin ingin menginap atau memanfaatkan fasilitas hotel. (Daniel Leonard/m-5)

Penulis:

Baca Juga