Sekilas Info

Wagub Maluku Beri Bantuan Bagi Salah Satu Keluarga Kategori Miskin di Kota Ambon

Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno (kedua kanan) didampingi Sekretaris Dikbud Maluku, Mimi Hudjajanti (kanan) berdialog dengan Janes Michael (kedua kiri) dan istrinya Jacklyn Yacob (kiri) di depan rumah keduanya di Air Besar, Desa Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Senin (15/7). Pemprov maluku segera membangun rumah layak huni, biaya pendidikan serta pelayanan kesehatan kepada keluarga miskin tersebut. (ANTARA Foto/Jimmy Ayal)

satumalukuID - Wakil Gubernur Provinsi Maluku Barnabas Orno memberikan bantuan kepada keluarga Janes Michael (37) yang merupakan salah satu keluarga tergolong miskin di Kota Ambon.

Bantuan yang dijanjikan tersebut disampaikan langsung oleh Wagub  saat berkunjung dan menyaksikan sendiri kondisi rumah Yanes Michael di RT 37 Air Besar, Desa Passo, Kota Ambon, Senin.

Wagub yang didampingi Kadis Sosial Maluku Sartono Pining dan Sekretaris Dikbud Maluku, Mimi Hudjajanti, harus berjalan kaki puluhan meter melalui jalan tanah merah dan dipenuhi kubangan air, agar tiba di rumah sangat sederhana dan dinilai tidak layak untuk ditempati Yanes bersama istri dan empat orang anaknya.

Mantan Bupati Maluku Barat Daya ini mengaku baru mengetahui kehidupan Janes bersama keluarganya yang dikategorikan miskin setelah diberitakan sejumlah media.

Johanes yang akrab disapa Janes tinggal bersama istrinya Jacklyn Yacob (30) dan empat orang anak di rumah gubuknya berkukuran 3 x 2,5 meter, dengan konstruksi dinding gaba-gaba, beratap terpal, berlantai tanah dan tidak dilengkapi kamar mandi serta WC.

Wagub menyatakan trenyuh dan merasa miris melihat kondisi kehidupan keluarga Janes, dan menyatakan akan segera membantu menangani berbagai masalah yang dihadapi keluarga kecil tersebut.

"Pemprov Maluku siap membantu setiap masalah yang dihadapi keluaga Janes sehingga keluar dari keterpurukan dan kemiskinan yang dihadapi saat ini," ujar Wagub.

Melihat kondisi rumah yang tidak layak huni, Wagub menyatakan, pihaknya segera membangun rumah baru yang lebih layak huni.

Namun setelah mendengar penjelasan Janes bahwa lahan tempatnya membangun rumah dan tinggal saat ini adalah milik kerabatnya, Wagub langsung meminta RT setempat untuk memfasilitasi penyediaan lahan sehingga bisa dapat dibangun rumah baru.

"Saya minta RT untuk berkoordinasi dengan Raja Negeri Passo memfasilitasi penyediaan lahan, sehingga Pemprov dapat segera membangun rumah baru bagi keluarga Janes," tegas mantan Bupati Maluku Barat Daya (MBD) tersebut.

Pemprov juga melalui Dinas Pendidikan dan kebudayaan Maluku akan membantu biaya pendidikan kepada anak tertuanya, Aprilia Michael yang saat ini duduk di bangku kelas II SD Negeri 77 Desa Passo.

Dia juga meminta Dinas kesehatan untuk melakukan pelayanan kesehatan terhadap empat orang anak Janes termasuk istrinya yang diduga menderita penyakit ginjal berdasarkan hasil pemeriksaan petugas Puskesmas Desa Passo.

Wagub juga memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp5 juta dari kantong pribadinya untuk mengatasi kebutuhan sehari-hari Janes bersama keluarganya, setelah mendengar cerita Janes tentang penghasilnnya yang sangat kecil.

Sebagai pembuat batako penghasilnya hanya sebesar Rp30.000 hingga Rp60.000 per hari dan terkadang tidak mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, apalagi untuk menyekolahkan anak pertamanya maupun pengobatan istrinya.

Wagub juga berjanji akan memasang listrik di rumah sederhana milik Janes, karena selama ini aliran listriknya diperoleh dari tetangganya, sehingga keluarga tersebut dapat menikmati sarana penerangan dengan baik.

"Prinsipnya Pemprov Maluku akan membantu seoptimal mungkin agar keluarga Janes dapat keluar dari kemiskinan yang dialami saat ini," ujar Wagub. (Jimmy Ayal)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!