Sekilas Info

Gubernur Murad Hadiri Jambore Pramuka Dunia di AS, Juga Silaturahim dengan Diaspora Maluku Washington DC

satumalukuID - Gubernur Maluku, Murad Ismail akan menghadiri Jambore Pramuka Dunia ke-24 yang penyelenggaraannya di Summit Bechtel Family National Scout Reserve West Virginia, Amerika Serikat pada 22 Juli - 4 Agustus 2019.

"Kehadiran Gubernur Murad sebagai peninjau berdasarkan undangan dari Ketua Kwartir Nasional (Kakwarnas) Pramuka, Jendral (Purn) Budi Waseso dan Kementerian Pemuda dan Olahraga," kata Kadis Pemuda dan Olahraga Maluku, Semmy Huwae, di Ambon, Selasa (16/7).

Gubernur Maluku menghadiri Jambore Pramuka Dunia bersama Gubernur Aceh, Jambi dan Papua Barat.

"Jadi pengurusan visa maupun dokumen lainnya telah selesai diproses di Kedubes Amerika Serikat di Jakarta pada beberapa waktu lalu sehingga Gubernur Maluku bersama istrinya, Widya Pratiwi dijadwalkan berangkat pada 28 Juli - 5 Agustus 2019," ujar Semmy.

Dia mengakui, kehadiran Gubernur Maluku di Jambore Dunia ke-24 strategis karena baru dilantik bersama Wagub Maluku, Barnabas Orno pada 24 April 2019.

"Apalagi, saya telah memperjuangkan agar Maluku menjadi tuan rumah penyelenggaraan Jambore Nasional ke- 12 pada 2026, sehingga memanfaatkan kegiatan di Amerika Serikat untuk mempromosikan Maluku, sekaligus mengundang Pramuka internasional untuk menghadirinya nanti," kata Semmy.

Karena itu,  Murad didampingi istrinya, Widya Pratiwi yang juga Ketua Tim Penggerak PKK maupun Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Maluku untuk mempromosikan aneka potensi sumber daya alam (SDA), terutama wisata bahari, sejarah dan budaya di event pemuda internasional tersebut.

"Terpenting juga menunjukkan bahwa Maluku merupakan laboratorium jalinan keharmonisan antarumat beragama sebagai warisan leluhur sehingga menjadi perekat dan pendorong penyelesaian tragedi kemanusiaan pada 1999, sehingga menjadi contoh dipelajari berbagai komponen, baik dalam maupun luar negeri," ujar Semmy.

Dia bersyukur karena Ketua Diaspora Maluku Washington DC dan sekitarnya, John Apono dan warga Indonesia asal Maluku di Amerika Serikat sangat mengapresiasi kunjungan Gubernur Murad dan istrinya, Widya Pratiwi.

"Saya telah dikomunikasikan pegurus Diaspora Maluku saat kehadiran Gubernur Murad akan dimanfaatkan juga untuk bersilaturahim sekaligus memberikan masukan strategis untuk membangun Maluku ke depan. Gubernur Murad juga diagendakan bersilaturahim dengan Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat, Mahendra Siregar di Washington DC ," ujar Semmy. (Alex Sariwating)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!