Sekilas Info

Gelombang Kedua Jamaah Maluku Masuk Asrama Haji Sudiang, Gelombang Pertama Sudah Diberangkatkan ke Mekkah

Calon haji Maluku menaiki bus di Asrama Haji Sudiang Makassar untuk berangkat menuju Jeddah, Arab Saudi, melalui Embarkasi Hasanuddin Makassar, Senin (15/7/2019). ANTARA/Muh Hasanuddin

satumalukuID - Sebanyak 450 calon haji asal Provinsi Maluku yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 13 pada Senin mulai masuk Asrama Haji Sudiang di Makassar untuk diberangkatkan ke Arab Saudi pada Selasa pagi (16/7).

Mereka masuk pada gelombang kedua, setelah calon haji dalam Kloter 12 yang meliputi 450 calon haji asal Kabupaten Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Buru dan Buru Selatan diberangkatkan ke Arab Saudi dari Embarkasi Makassar pada gelombang pertama.

"Untuk Kloter 13 asal Maluku sudah masuk. Mereka masih harus melalui satu tahapan lagi sebelum diberangkatkan keesokan harinya," kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar H Nasir.

Ia mengatakan jamaah calon haji asal Maluku yang berangkat pada gelombang pertama dan gelombang kedua lengkap, tidak ada anggotanya yang batal berangkat.

Menurut Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Embarkasi Sultan Hasanuddin Makassar, jamaah dalam Kloter 13 akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada Selasa (16/7) pukul 08.45 WITA.

"Semua calon haji dikarantina dulu selama 24 jam di asrama kemudian diperiksa kesehatannya di poliklinik Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar yang ada di asrama haji Sudiang," katanya.

Sebelumnya  450 calon haji asal Provinsi Maluku pada Senin meninggalkan Asrama Haji Sudiang untuk berangkat ke Arab Saudi melalui Embarkasi Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Hari ini yang berangkat itu dari Provinsi Maluku, tanpa ada campuran dari jamaah lainnya," kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hasanuddin Makassar H Nasir di Asrama Haji Sudiang, Makassar.

Jamaah dalam kelompok terbang (kloter) 12 Embarkasi Makassar meliputi 450 orang ditambah lima anggota Tim Pendamping Ibadah Haji (TPIH), yang akan memandu jamaah menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah.

Pada musim haji tahun 2019, Embarkasi Hasanuddin Makassar memberangkatkan 18.171 calon haji dari delapan provinsi di kawasan timur Indonesia (KTI). Jamaah haji terbagi dalam 40 kelompok terbang.

Jamaah haji Maluku yang tahun ini dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji terdiri atas 365 orang dari Kota Ambon, 189 orang dari Maluku Tengah, 97 orang dari Maluku Tenggara, 123 orang dari Seram Bagian Barat, 118 orang dari Buru, 117 orang dari Seram Bagian Timur, 66 orang dari Kepulauan Aru, 11 orang dari Tanimbar, 122 orang dari Kota Tual, 48 orang dari Buru Selatan, dan lima orang dari Maluku Barat Daya. (Muh Hassanudin )

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!