Sekilas Info

Pemkab Tanimbar Rapat Koordinasi dengan Pimpinan Organisasi Kemasyarakat dan Organisasi Kepemudaan

Suasana rapat koordinasi pemerintah kabupaten Kepulauan Tanimbar dengan Organisasi Masyarakat, OKP dan Paguyuban di daerah tersebut, bertempat di Kantor Bupati KKT, Jumat (12/7). (Simon Lolonlun)

satumalukuID - Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon menyatakan keberhasilan program pembangunan suatu daerah tidak terlepas dari peran serta masyarakat, teristimewa melalui organisasi kemasyarakatan (Ormas), Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), paguyuban kampung, suku dan keagamaan.

Peran ini sangat tergantung dari partisipasi pimpinan Ormas, OKP dan paguyuban dalam setiap program pembangunan daerah.

"Di berbagai kegiatan pemerintah daerah maupun kegiatan yang dilaksanakan oleh instansi vertikal, jarang saya lihat ada keterlibatan Ormas/OKP termasuk para pimpinan paguyuban. Padahal pimpinan Ormas, OKP dan paguyuban memiliki peran yang jauh lebih penting karena berkomunikasi langsung dengan warganya. Perannya jauh lebih penting dari Ketua RT dan RW," kata dia di Saumlaki, Jumat (12/9).

Bupati menyatakan hal itu dalam rapat koordinasi antara pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) dengan puluhan pimpinan Ormas, OKP, Paguyuban, di kantornya.

Menurut dia, peran yang dilakoni para pemimpin Ormas, OKP, Paguyuban itu sangat terlihat karena mereka berhubungan langsung dengan warga melalui ibadah maupun kegiatan sosial lainnya.

Oleh karena itu pemerintah daerah itu berencana akan melibatkan pimpinan OKP/Ormas dalam setiap kegiatan pemerintahan.

"Hal ini dimaksudkan untuk sekaligus kita bisa bekerja sama menyampaikan informasi tentang kegiatan-kegiatan pembangunan yang telah dilakukan, sedang dilakukan dan sekaligus sebagai evaluasi terhadap seluruh program kegiatan yang telah dilakukan pemkab untuk bersatu mewujudkan masyarakat Tanimbar yang Cerdas, sehat, berwibawa dan mandiri" jelasnya.

Bupati juga meminta pimpinan Ormas, OKP, Paguyuban untuk terlibat langsung dalam acara-acara penting pemerintahan, termasuk penyelenggaraan pembangunan di daerah ini. (Simon Lolonlun)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!