Sekilas Info

Tiga Tokoh Agama, Sejumlah Prajurit TNI dan Polri Dianugerahi Penghargaan oleh Kapolda Maluku

Suasana peringatan HUT Bhayangkara ke-73 di Ambon. (Foto Ditpamobvitpoldamaluku)

satumalukuID - Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa memberikan penghargaan kepada tiga tokoh agama Islam, Kristen Protestan dan Katolik. Selain itu penghargaan jyga diberikan kepada sejumlah prajurit TNI yang bertugas sebagai Babinsa dan sejumlah anggota Polisi yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas.

Pemberian penghargaan dilakukan pada upacara peringatan HUT Bhayangkara ke 73 di Lapangan Upacara Polda Maluku di kawasan Tantui Ambon, Rabu (9/7).

‎Berdasarkan keputusan Kapolda Maluku Nomor Kep/229/VII/2019, tiga tokoh agama itu yakni Ketua‎Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Wilayah Maluku Pdt Dr John Ruhulesin, Ketua MUI Maluku Dr Abdulah Latuapo dan Uskup Diosis Amboina, Mgr Petrus Canisius Mandagi.

Ketiganya dinilai telah berprestasi membantu tugas-tugas kepolisian dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat di provinsi seribu pulau ini.

Selain itu, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Latu dan Hualoy kecamatan Kairatu Kabupaten Serangan Bagian Barat yaitu Sertu Damra Latu dan Kopda Muhammad Lestaluhu juga menerima penghargaan karena dinilai berprestasi berupaya meredakan konflik antara Desa Latu dan Hualoy selama enam bulan dari Januari-Juni 2019.

Ada juga Bhabinkamtibmas Desa Ema Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel), Kecamatan Sirimau Polres Pulau Ambon dan Pp Lease, Bripka Roweyknes Soplanit yang meraih juara 1 lomba Poskamling di jajaran Polda Maluku.

Selain itu, Bripka Arthur Serhalawan, Bhabinkamtibmas Negeri Passo, Kecamatan Baguala yang meraih juara 1 lomba Bhabinkamtibmas dan juara 2 lomba Poskamling di jajaran Polda Maluku.

Juga Bripka Asep Soedrajat Souisa, Bhabinkamtibmas Desa Waimital Kecamatan Kairatu Polres Seram Bagian Barat yang meraih juara juara 3 lomba Bhabinkamtibmas dan lomba Poskamling di jajaran Polda Maluku, serta Bripka Abdul Khalik Sihasuan, Bhabinkamtibmas Desa Kian Laut Polres Seram Bagian Timur.

Sementara itu, penghargaan juga diberikan kepada tiga pemenang Polsek Sebagai Basis Deteksi (PSBD) dalam rangka hari Bhayangkara ke 73 tahun 2019 jajaran Polda Maluku masing-masing juara 1 Polsek Kei Kecil Polres Maluku Tenggara, juara 2 Polsek Amahai Polres Maluku Tengah dan juara 3 Polsek Pp Aru Polres Kepulauan Aru.

Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa yang saat itu menjadi Inspektur upacara juga melakukan pemeriksaan pasukan, pengucapan Tribrata, penganugerahan tanda kehormatan, pembacaan amanat Presiden RI dan andhika Bhayangkara.

Acara ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolda dan Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq yang disuapi kepada anggota Polda tertua dan termuda. (MG-01)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!