Sekilas Info

Kalahkan Belanda 2-0, USA Juara Piala Dunia Wanita untuk ke 4 Kali     

TIM nasional sepakbola United State of America (USA) atau Amerika Serikat berhasil pertahankan gelar juara Piala Dunia Wanita FIFA 2019 setelah mengalahkan timnas Belanda dengan skor 2-0 di Prancis, sebagaimana yang disiarkan langsung saluran BeinSport 2,  Senin (8/7) dinihari.

Dua gol Amerika Serikat itu dicetak pada babak kedua melalui tendangan penalti Megan Rapinoe di menit ke-61 dan gol kedua dihasilkan oleh Rose  Lavelle pada menit ke-69.

Dengan hasil tersebut, maka Amerika Serikat menambah rekor juaranya yaitu mampu menjadi pemilik piala dunia yang keempat kalinya yakni pada edisi 1991, 1999, 2014 dan mempertahannya tahun 2019 ini.

Pertemuan Amerika Serikat melawan Belanda di partai puncak tersebut, merupakan pertarungan antara juara bertahan piala dunia dan juara Eropa 2018.

Namun sayangnya, Belanda yang diprediksi akan memberikan perlawanan sengit sebagai juara Eropa, sejak menit awal babak pertama sudah digempur habis-habisan oleh duet penyerang Amerika Serikat, Megan Rapinoe dan Alex Morgan.

Untungnya saja kiper Belanda, Van Veneendahl menjadi bintang lapangan sekaligus penyelamat gawangnya dari gempuran Amerika Serikat. Sedikitnya tercatat ada sekitar 7 penyelamatan gemilangnya sehingga Belanda terhindar dari kebobolan banyak gol.

Lantaran penampilannya yang gemilang, kiper Belanda Vaneendahl dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik turnamen tersebut sehingga memperoleh penghargaan Sarung Tangan Emas.

Dalam pertandingan itu, dua penyerang andalan Belanda yakni Miedema dan pemain terbaik Eropa Lieke Martens serta Spitsa tak mampu tampil maksimal sebagaimana penampilan mereka sebelum final.

Sayangnya juga di skuat timnas wanita Belanda di piala dunia ini, tidak diperkuat gelandang bertahan berdarah Ambon Maluku yaitu Vanity Lewerisa. Padahal di Piala Eropa yang mereka juara, Vanity Lewerisa merupakan salah satu anggota tim tersebut.

Sementara itu, selain penghargaan kiper terbaik yang diraih Vaneendahl dari Belanda, nyaris semua gelar terbaik direbut pemain-pemain Amerika Serikat.

Gelar itu yakni pemain terbaik pertama Megan Rapinoe dan kedua Rose Lavelle. Serta pencetak gol terbanyak dengan 6 gol ada tiga orang yaitu Megan Rapinoe dan Alex Morgan (Amerika Serikat) serta Ellen White (Inggris).

Namun peringkat pertama ditetapkan diraih Rapinoe merebut sepatu emas, kedua Morgan mendapatkan sepatu perak dan Ellen White memperoleh sepatu perunggu. (novi pinontoan)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!