Sekilas Info

Wakil Bupati Maluku Tenggara Resmikan Pengoperasian Gedung PDAM di Langgur

Wakil Bupati Malra Petrus Beruatwarin meresmikan gedung PDAM daerah tersebut di Langgur, Kamis (4/7).(Foto: Siprianus Yanyaan)

satumalukuID - Wakil Bupati Maluku Tenggara Petrus Beruatwarin meresmikan pengoperasian gedung Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Langgur, Kamis (4/7).

"Pembangunan gedung PDAM dan sekaligus kantor Badan Pengawas PDAM ini wujud komitmen untuk melayani sebagai perusahaan air minum yang mandiri, sehat dan profesional," kata Petrus, saat membacakan sambutan Bupati M. Thaher Hanubun.

Ia menyatakan peresmian itu menggambarkan niat dan ketulusan jajaran PDAM Maluku Tenggara dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas pelayanan air bersih kepada masyarakat di kabupaten tersebut.

Dengan dioperasikannya gedung kantor yang baru, diharapkan pelayanan PDAM juga semakin baik, mampu berinovasi dan menerapkan teknologi yang berdampak pada kualitas pelayanan yang semakin baik.

“Juga dalam hal distribusi air, hal-hal yang menjadi kebutuhan masyarakat harus dengan cepat ditangani, termasuk kerusakan dan pengaduan yang disampaikan masyarakat," kata Petrus.

Menurut dia, Pemda Maluku Tenggara terus berupaya melaksanakan pelayanan bagi masyarakat, baik air bersih, pengentasan kawasan kumuh, maupun pengembangan sanitasi layak, dimana program dan kegiatan terus digulirkan setiap tahun baik dengan sumber pembiayaan APBD maupun APBN.

Khusus untuk upaya 100 persen akses air bersih, kendala yang dihadapi masih menyangkut cakupan layanan di pulau Kei kecil dan terlebih di pulau Kei besar, serta pulau-pulau kecil di wilayah Kei kecil barat.

Karena itu, kerja keras dan dukungan semua pihak sangat dibutuhkan termasuk dukungan dari pemerintah pusat, semoga ke depan program-program pelayanan air bersih dapat terus dilaksanakan bahkan ditingkatkan lagi agar bisa menjangkau seluruh penduduk.

"Melalui Kepala Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) yang hadir saat ini, kami mohon dukungan dan bantuannya agar PDAM Maluku Tenggara dapat terus berkembang meningkatkan kualitas dan cakupan pelayanan masyarakat, tidak hanya di pulau Kei kecil namun juga di Kei besar," kata Petrus.

Plt PDAM Maluku Tenggara, Fatma Talaohu menyatakan PDAM memiliki peran sangat strategis dalam menyediakan air minum secara berkelanjutan bagi masyarakat.

"Di sisi lain, PDAM juga merupakan suatu bisnis yang dikelola secara profesional agar mendatangkan manfaat ekonomis bagi daerah," katanya.

Dikatakan, dalam upaya menjalankan tugas pokok dan fungsinya, PDAM Maluku Tenggara terus melakukan upaya meningkatkan kualitas cakupan dan pelayanan berkelanjutan. (Siprianus Yanyaan)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!