Sekilas Info

Gerald Mailoa-Wenly Thenu Gantikan Jemmy Mattita-Jaffry Taihuttu Pimpin DPC PDI Perjuangan Kota Ambon

satumalukuID - Kejutan terjadi dalam Konferensi Cabang (Konfercab) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan sekaligus Konferensi Daerah (Konferda) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Maluku di Baileo Siwalima, Karang Panjang Ambon, Senin malam (1/7).

Khusus untuk DPC PDIP Kota Ambon terjadi perubahan signifikan dalam komposisi pengurus inti. Ketua dan Sekretaris DPC PDIP Kota Ambon petahana, Jemmy Matita dan Jaffry Taihuttu ternyata tak dipilih lagi.

Hugo Andreas Pareira, utusan DPP PDIP, yang membacakan nama pengurus DPC dan DPD se-Maluku menyatakan pengurus inti DPC PDIP Kota Ambon adalah Gerald Mailoa sebagai ketua, Wenly Thenu sebagai sekretaris dan Ira Nikijuluw sebagai bendahara.

Akibat penetapan tersebut, sempat terjadi kekagetan dan keriuhan peserta konferensi tersebut. Karena sejak awal Ketua dan Sekretaris DPC PDIP Kota Ambon petahana, Jemmy Matita dan Jaffry Taihuttu disebut-sebut akan dipilih lagi. Bahkan sempat beredar kabar Jafffry Taihuttu dari sekretaris akan naik menjadi ketua karena mendapat dukungan dari pengurus anak cabang.

Keputusan DPP PDIP tersebut, diduga karena menurunnya perolehan suara PDIP dalam pemilu legislatif lalu di Kota Ambon. Partai moncong putih ini kalah suara dibanding Partai Golkar. Konsekuensi dari kekalahan tersebut adalah kursi ketua DPRD Ambon yang sudah 20 tahun digenggam terlepas ke Golkar.

Gerald Mailoa sendiri adalah anggota DPRD Kota Ambon periode lalu dan terpilih kembali untuk kedua kali dari daerah pemilihan kecamatan Nusaniwe.

"Iya benar DPP PDIP telah menetapkan saya sebagai ketua DPC PDIP Kota Ambon. Soal mengapa saya dipilih, itu saya tidak tahu dan merupakan kewenangan DPP. Jadi saya no comment dulu. Selanjutnya saya akan melakukan langkah-langkah konsolidasi internal," ungkap Mailoa.

Tiga Nama Ketua DPD PDIP Maluku

Secara terpisah fungsionaris DPD PDIP Maluku Ir Thobyhend Sahureka MT yang dihubungi Selasa (2/7) mengatakan soal siapa ketua DPD PDIP Maluku yang terpilih, merupakan hak prerogatif ketua umum.

Namun demikian, menurutnya, dalam Konferda sudah diputuskan tiga nama sebagai ketua, sekretaris dan bendahara. Ketiga nama tersebut sudah diserahkan ke utusan DPP PDIP untuk selanjutnya diputuskan dan ditetapkan oleh ketua umum.

"Ketiga nama itu adalah Lucky Wattimury, Edwin Adrian Huwae dan Muhammad Teddy Salampessy. Selanjutnya nanti ditunggu keputusan ibu Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum partai," beber Sahureka.

Pengurus DPC se-Maluku

Sementara itu, hasil keputusan DPP PDIP lainnya untuk komposisi pengurus inti DPC se Maluku yaitu untuk Kabupaten Buru sebagai ketua Arifin Latbual, La Husni Buton (Sekretaris) dan Estevanus Wamesse (Bendahara).

Sedangkan untuk Kabupaten Buru Selatan yaitu ketua dijabat Ahmad Umasangadji, Anselani Seleky (sekretaris) dan Jhon Hukunala (bendahara).

Untuk Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) diketuai oleh Andreas Taborat, Gidon Kelmanutu (sekretaris) dan Frengky Liembers sebagai bendahara. Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) posisi Ketua dijabat Chau Petrus, Pieter Lakburlawal (sekretaris) dan Remon Amtu (bendahara).

Kemudian, untuk kabupaten Kepulauan Aru yaitu Fenny Loy menjabat Ketua, Skifo Karelauw (sekretaris) dan Anton (bendahara). Serta Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) diketuai oleh Zeth Latukarlutu, Salim Awaan (sekretaris) dan Jun Talla (bendahara).

Sedangkan pengurus DPC Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Ketuanya tetap dijabat Arobi Kelian, Abdul Azis Yanlua (sekretaris) dan Abdul Azis Keliandan (bendahara). Kemudian untuk Kabupaten Seram Bagian Barat diketuai oleh Zeth Maryate, Firdaus Usuali (sekretaris) dan La Nyong (bendahara).
Selanjutnya untuk wilayah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Ketuanya dijabat oleh Stevanus Layanan, Levinus Arensmith Warbal (sekretaris) dan Muhammad Rengur (bendahara).

Untuk kota Tual diketuai oleh Hamsah Ohuwer, Alexander Betaubun (sekretaris) dan Fitria Kurnia Notanubun (bendahara).

Penetapan tersebut lewat SK DPP yang diteken oleh ketua umum Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristianto yang dibacakan ketua bidang pembangunan manusia dan kebudayaan DPP PDIP, Andreas Hugo Pareira terhadap komposisi pengurus inti kabupaten kota se Maluku yang Konfercabnya bersamaan dengan Konferda DPD PDIP Maluku.

Adapun Konferda dan Korfercab tersebut selain dihadiri Andreas Pareira bersama unsur DPP PDIP lainnya, juga turut dihadiri oleh Gubernur Maluku Irjen Pol Pur Murad Ismail yang membacakan sambutannya, Wagub Barnabas Orno dan seluruh pimpinan DPC PDIP se-Maluku. (welly/novi pinontoan)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!