Sekilas Info

60 Bintara Polisi dan Empat PNS di Jajaran Polres Ambon Pulau-pulau Lease Mendapat Kenaikan Pangkat

Tradisi di Mapolres Ambon, polisi yang mendapat kenaikan pangkat sujud syukur dan disemprot air.

satumalukuID - S‎ebanyak 60 bintara Polri dan 4 PNS mendapat kenaikan pangkat satu tingkat. Rinciannya, kenaikan pangkat Bripka ke Aipda sebanyak 12 orang, pangkat Brigpol ke Bripka sebanyak 41 orang, dan Briptu ke Brigpol sebanyak 7 orang.

Kapolres Ambon AKBP Sutrisno Hadi, Senin (1/7), mengatakan, korps kenaikan pangkat kepada anggota Polri maupun PNS atas dasar pengabdian dan loyalitas kepada bangsa dan negara serta Polri, dalam kurun waktu yang telah ditentukan dan tidak tercela atau cacat dalam tugas.

Kenaikan pangkat bukan saja merupakan hak setiap anggota,tetapi merupakan wujud penghargaan dari pimpinan kepada setiap anggota atas pengabdian dan dedikasi serta loyalitas kepada Institusi Polri.

Kenaikan pangkat juga dibarengi dengan tanggung jawab serta perubahan, baik pola pikir dan cara bertindak bagi anggota serta lebih dewasa dan mampu mengendalikan diri dalam menghadapi tugas ke depan.

“Saya mengharapkan saudara-saudara mampu meningkatkan dedikasi dan loyalitas terhadap kesatuan ini. Serta mempunyai mentalitas yang lebih baik dalam pelaksanaan tugas sebagai anggota Polri,” tegas Kapolres.

Sementara itu bersamaan dengan upacara kenaikan pangkat, para anggota polisi menjalankan tradisi unik yakni bersujud syukur di Halaman Mapolres Ambon.

Selesai sujud syukur, Kapolres Pulau Ambon dan Pulau Pulau Lease AKBP Sutrisno Hadi Santoso menyemprotkan air ke arah anggotanya yang tengah bersuka cita atas kenaikan pangkat.

Sambil berjalan jongkok, para anggota polisi ini disemprot air sekaligus mendapat ucapan selamat dari rekan-rekan mereka sesama anggota polisi.

Kapolres mengatakan, tradisi unik ini tidak bermaksud menyiksa anak buahnya. Mengingat kenaikan pangkat sangat penting, ia ingin memberikan kesan tak terlupakan untuk semua anggotanya yang berbahagia hari ini.

"Tradisi ini biar naik pangkat bukan menjadi hal biasa, naik pangkat harus jadi hal luar biasa mengingat sangat penting, tradisi seperti ini (sujud syukur dan semprot air, red) harus jadi kenangan untuk mereka," ujarnya. (MG-01)‎

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!