Sekilas Info

Ketika Kapolda Maluku Lebih Memilih Naik Becak dari Waihaong ke Batumeja

satumalukuID - Kalau melihat ada pejabat kepolisian berseragam lengkap dengan pangkat dua bintang di bahu yang rela meninggalkan mobil dinas, sopir dan ajudan pribadi dan menaiki becak mungkin merupakan sesuatu yang janggal dan jarang terjadi.

Namun lain halnya dengan Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa hari ini membuat sejumlah warga Kota Ambon menjadi terheran-heran bercampur kagum ketika melihat sang jenderal polisi ini duduk santai dalam sebuah becak.

"Bahkan abang becak yang membawa Pak Kapolda juga ikut-ikutan bangga dan senang mengayuh becaknya dari kawasan Waehaong, Kecamatan Nusaniwe sampai tiba di Mapolda Maluku di kawasan Batumeja, Kecamatan Sirimau (Kota Ambon)," kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Moh. Roem Ohoirat di Ambon, Rabu (26/6).

Menurutnya, Kapolda Maluku baru selesai mengikuti acara Halal bihalal yang diselenggarakan salah satu institusi dan berlangsung di Gedung Islamic Center Ambon.

Padatnya kendaraan bermotor yang parkir di seputaran areal gedung dan menghalangi mobil dinas Kapolda membuat sang jenderal polisi ini memilih menaiki becak yang sementara parkir di sekitar lokasi tersebut.

"Aksi yang dilakukan oleh Kapolda itu, karena mobil dinas beliau terhalang mobil lain di kawasan gedung Islamic Center di Waihaong Ambon sehingga secara spontan beliau naik becak," jelas Kabid Humas.

Kapolda naik becak ini sempat mendapat perhatian dari masyarakat di kawasan Waihaong, kota Ambon, bahkan ada yang sempat mengabadikannya.

"Saat beliau naik becak masyarakat merasa heran karena baru melihat jenderal bintang dua dengan seragam lengkap naik becak," katanya.

Dikatakannya, Kapolda naik becak dari kawasan Waihaong melintasi Jalan Sultan Baabullah, A.M Sangadji, Paradise Tengah, Jalan Pala, Jalan Raya Pattimura dan masuk Mapolda Maluku.

Irjen Pol Royke Lumowa adalah seorang pria berusia 56 tahun yang lahir di Ujungpandang (sekarang Makassar), Provinsi Sulawesi Selatan pada 16 September 1962.

Beberapa hari sejak ditunjuk Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian sebagai Kapolda Maluku tanggal 13 Agustus 2018 lalu, Irjen Pol Royke Lumowa meninggalkan ruang kerjanya jelang sore hari untuk melihat kemacetan di jalan raya.

Tradisi ini pun terus berlangsung hingga saat ini, dimana waktu-waktu tertentu para pejabat utama Polda turun ke jalan raya untuk mengatur langsung arus lalu lintas.

Lulusan Akademi Kepolisian RI tahun 1987, PTIK 1996, hingga Sespati 2010 ini juga membuat gebrakan baru di tubuh polda dan jajarannya dimana setiap hari Selasa, dengan tujuan agar mengurangi kemacetan di jalan raya.

Bahkan menjelang HUT Bhayangkara ke-73 tanggal 1 Juli 2019, aktivitas gowes sinergitas antara Polri, TNI dan masyarakat terus dilakukan baik di Pulau Ambon maupun Pulau Seram oleh mantan Kakorlantas Polri ini. (Daniel Leonard)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!