Sekilas Info

Aspotmar KSAL Berdialog tentang Pengamanan Potensi Maritim dengan Jajaran Lantamal IX Ambon

Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal, Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono bertukar cinderamata dengan Komandan Lantamal IX Ambon, Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang, di Ambon, Rabu (26/6). (Dispen Lantamal Ambon)

satumalukuID - Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, melakukan kunjungan kerja di Pangkalan Utama TNI  Angkatan Laut (Lantamal) IX / Ambon, Rabu, untuk menghimpun berbagai masukan terkait pengamanan potensi maritim di tanah air.

Aspotmar yang didampingi Komandan Lantamal (Danlantamal) IX,  Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang, memanfaatkan kunjungannya untuk melakukan pertemuan dengan para personil Lantamal setempat.

Pertemuan tersebut dihadiri para Asisten Komandan Lantamal, Komandan satuan Gugus Temput Laut (Guspurla) Komando Armada (Koarmada) III dan Kepala Satker Lantamal Ambon.

Danlantamal IX, Antongan Simatupang mengapresiasi kunjungan dan pertemuan tersebut sebagai tahapan penting dalam upaya mendukung suksesnya program pembinaan potensi maritim TNI Angkatan Laut.

Pertemuan tersebut juga dimanfaatkan untuk memberikan pencerahan dan berdiskusi dengan seluruh personil tentang berbagai permasalahan yang terjadi dan dihadapi, terutama berkaitan dengan pembentukan organisasi baru dijajaran TNI-AL yaitu Sektor Potmas Lantamal.

Danlantamal dalam pertemuan tersebut menjelaskan tugas satuan yang dipimpinnya yakni melaksanakan kajian, merumuskan dan mengawasi kegiatan pemberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla) yang meliputi ketahanan wilayah maritim, komunikasi sosial maritim serta bhakti TNI Angkatan Laut.

"Dari tugas-tugas tersebut kita dapat menentukan wilayah sesuai prediksi antara lain wilayah perbatasan, daerah bencana alam atau daerah konflik," katanya.

Berbagai wilayah yang ditentukan tersebut akan menjadi ruang alat kondisi juang yang tangguh, sehingga dapat diwujudkan kekuatan pertahanan dan keamanan negara.

Aspotmar Kasal juga memanfaatkan kunjungan selama dua hari untuk bersilaturahim dengan Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq, Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa serta Gubernur Maluku, Murad Ismail.

Aspotmar Kasal pada Rabu pagi juga menyempatkan diri menghadiri olahraga bersama TNI-Polri, Pemprov dan Satpol PP Maluku yang dipusatkan di Markas Komando Lantamal IX/Ambon.

Olahraga bersama tersebut dalam upaya untuk membangun kebersamaan, sinergitas dan soliditas antara TNI- Polri dan Pemerintah Daerah sebagai sebuah kekuatan guna mewujudkan kondusivitas keamanan dan ketertiban masyarakat dalam menjaga tegaknya NKRI.

Aspotmar juga menerima berbagai masukan tentang sejumlah olahraga perairan yang dikembangkan Lantamal Ambon dengan sasaran melahirkan atlet-atlet berkualitas untuk mewakili Maluku di berbagai kejuaraan yakni selam, renang, dayung, perahu layar dan polo air. (jimmy ayal)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!