Sekilas Info

Masyarakat Kabupaten Tanimbar Apresiasi Pilihan Jadi Tuan Rumah MTQ Provinsi Maluku ke-29 Tahun 2021

satumalukuID - Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon menyatakan daerahnya siap menjadi tuan rumah penyelenggara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-29 tingkat Provinsi Maluku yang dijadwalkan tahun 2021.

"Komitmen kesiapan Kabupaten Kepulauan Tanimbar menjadi tuan rumah telah disampaikan secara resmi oleh Sekda Piterson Rangkoratat saat penutupan MTQ ke-28 Provinsi Maluku di Namlea, ibu kota Kabupaten Pulau Buru pada Jumat (21/6)," kata Bupati saat dikonfirmasi dari Ambon, Senin.

Bupati menyatakan terima kasih dan mengapresiasi keputusan Pemprov serta Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Maluku yang telah mempercayakan Kepulauan Tanimbar sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan dua tahunan bernuansa Islam tersebut, mengingat mayoritas masyarakat di kabupaten tersebut yakni Katholik dan Protestan.

"Penetapan Kepulauan Tanimbar yang mayoritas warganya beragama Katholik dan Protestan sebagai tuan rumah, menunjukkan tingginya semangat kekeluargaan dan persaudaraan antarumat beragama di Maluku. Karena itu kepercayaan besar ini tidak akan disia-siakan," katanya.

Dia menegaskan dalam waktu dekat akan berkoordinasi untuk pembentukan panitia pelaksana MTQ, termasuk membicarakan berbagai hal-hal menyangkut persiapan pelaksanaan yang akan dilakukan sejak tahun 2019.

Sedangkan menyangkut persiapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, terutama arena untuk pembukaan dan penutupan MTQ, akan mulai dibangun awal tahun 2020 dan diharapkan rampung pada awal tahun 2021.

Ditanya anggaran yang dibutuhkan untuk mendukung penyelenggaraan kegiatan bernuansa keagamaan tersebut, Bupati mengatakan belum bisa diestimasi karena akan dibicarakan dan diputuskan oleh panitia pelaksana yang akan dibentuk.

"Pendanaannya bersumber dari APBD Pemprov Maluku dan Pemkab Kepulauan Tanimbar. Khusus APBD Kepulauan Tanimbar akan dibicarakan dengan pimpinan dan anggota DPRD setempat," katanya.

Sedangkan menyangkut lokasi penyelenggaraan seluruhnya akan dipusatkan di Saumlaki, ibu kota Kepulauan Tanimbar.

Sebelumnya Rapat Kerja Daerah (Rakerda) LPTQ Provinsi Maluku yang berlangsung lokasi wisata pantai Jikumarasa, kecamatan Liliali, Pulau Buru, Sabtu (14/6), menetapkan Kota Saumlaki, sebagai tuan rumah penyelenggara ke-29 MTQ tingkat Provinsi Maluku tahun 2021. (jimmy Ayal)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!