Sekilas Info

Sekjen KOI Hellen de Lima Pastikan Indonesia sedang Berjuang Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Sekjen KOI Hellen de Lima (kedua dari kiri) bersama Ketua KOI Erick Thohir (ketiga dari kiri) dan MenkumHam RI Yasonna Laoly melaksanakan Rapat Koordinasi untuk melindungi Property rights International Olympic Committee (IOC) dalam rangka persiapan biding Tuan Rumah Olimpiade 2032, Kamis (20/6).

satumalukuID – Sekjen Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Hellen de Lima mengatakan,  Indonesia tengah memperjuangkan keinginan menjadi tuan rumah penyelenggara Olimpiade 2032.

Indonesia akan memperjuangkan agar negara-negara anggota IOC yang berjumlah sekitar 206 negara bisa mendukung dan menyetujui Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

“Kami akan melakukan pertemuan di Lausanne, Switzerland. Meeting dengan IOC untuk revisi ad art agar segera di setujui oleh IOC. Di sana Ketua KOI Erick Thohir juga akan dilantik sebagai anggota IOC,” ungkap  Hellen de Lima kepada satumalukuID, Sabtu (22/6).

Sekedar mengingatkan, Hellen de Lima adalah wanita asal Kota Ambon lulusan Fakultas Hukum Universitas Pattimura. Saat masih beraktivitas di Kota Ambon, dia berprofesi sebagai pengacara dan aktif dalam event Yacht Race Darwin – Ambon. Beberapa tahun hengkang ke Jakarta, Hellen kini dipercaya sebagai Sekjen KOI mendampingi Ketua KOI Erick Thohir.

Menurut Hellen, Indonesia memiliki potensi  untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade 2032. Salah satu tolak ukur penting adalah  kesuksesan menyelenggarakan Asian Games 2018 yang berlangsung lancar.

Bahkan informasi yang diperoleh kompleks olahraga Senayan jauh lebih baik dari kompleks Olimpiade di London. Disamping memang negara yang siap menjadi tuan rumah harus punya kemampuan menggelar kejuaraan-kejuaraan internasional.

Terkait hal itu Kamis (20/6), Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir, Sekjen KOI Hellen de Lima, MenkumHam RI Yasonna Laoly, Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Dr Freddy Harris ACCS, Dirjen Administrasi Hukum Umum HAKI, Cahyo Rahadian Muzhar, SH, LLM melaksanakan Rapat Koordinasi untuk melindungi Property rights International Olympic Committee (IOC) dalam rangka persiapan biding Tuan Rumah Olimpiade 2032.

Lebih jauh Hellen menjelaskan, negara yang bersaing dengan Indonesia cukup ketat adalah Australia, Korea dan Rusia.

“Negara pesaing yang agak kuat adalah Korea karena akan bergabung Korea Selatan dan Utara,”  tambah Hellen.

Olimpiade 2020 adalah momentum awal untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat internasional bahwa Indonesia pernah diakui  menjadi tuan rumah Asian Games yang sukses. (Vonny Litamahuputty)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!