Sekilas Info

Ketua Komnas HAM RI Diskusi Bersama Insan Pers di Ambon

satumalukuID -. Ketua Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia, Ahmad Taufan Damanik yang didampingi Sekjen Tasdiyanto, beserta beberapa stafnya melakukan diskusi dengan kalangan insan pers di Kota Ambon, Sabtu sore (22/6).

Diskusi yang dikemas dalam kegiatan ngopi bersama itu bertemakan "Peran Komnas HAM dan Pemerintah Daerah Dalam Penegakan HAM", berlangsung di kantor Perwakilan Komnas HAM Provinsi Maluku dipandu oleh staf perwakilan Linda Holle.

Dalam diskusi yang berlangsung lebih dari dua jam tersebut, banyak hal disampaikan Ahmad Taufan Damanik. Baik isu-isu politik, hukum, kriminal, pertanahan, pertambangan, keamanan dan lainnya secara nasional maupun lokal.

Termasuk juga disampaikan soal peran dan fungsi Komnas HAM RI dalam kasus kerusuhan 21-22 Mei di Jakarta pasca aksi demo ribuan massa depan gedung Bawaslu RI.

"Posisi kami jelas dalam kasus kerusuhan tersebut. Kami netral dan melakukan investigasi di lapangan. Saya sendiri turun ke beberapa lokasi dan rumah sakit untuk melihat TKP kekerasan aparat, para korban kerusuhan maupun juga mendatangi dan melihat korban luka juga yang dialami aparat keamanan," ungkap Damanik.

Dijelaskan, pihaknya juga berkoordinasi dengan Mabes Polri yang telah membentuk tim investigasi yang diketuai Irwasum. Mereka saling memberikan masukan dan penjelasan sesuai hasil-hasil investigasi di lapangan.

Pada kesempatan itu, insan pers di Ambon pun menyampaikan berbagai macam masukan dan pertanyaan. Diantaranya soal kasus di Latu dan Hualoy Kabupaten Seram Bagian Barat, pertambangan dan pencemaran di Gunung Botak Kabupaten Buru  dan Pulau Romang kabupaten Maluku Barat Daya, serta kekerasan aparat dan tertutupnya sumber-sumber informasi di pemerintah provinsi maupun kabupaten kota di Maluku.

"Saya senang.Karena diskusi ini berjalan dinamis. Ada berbagai masukan dan pendapat yang bisa saling ditindaklanjuti. Karena itu, saya berterima kasih kepada insan pers atau media massa yang selama ini  sudah turut berperan bersama sebagai mitra. Bagi Komnas HAM pers sangat membantu kerja-kerja di lapangan terutama dalam informasi dan data," jelas Damanik. (novi pinontoan)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!