Sekilas Info

BNNP Maluku Utara Beri Jaminan Pengguna Narkoba akan Direhabilitasi

BNNP Malut melatih 30 relawan antinarkoba kelurahan sebagai salah satu prasyarat menuju kelurahan bersih narkoba. (Abdul Fatah)

satumalukuID - Kepala Badan Nasional Narkoba Provinsi Maluku Utara (BNNP Malut), Brigjen Pol Edi Swasono menjamin pengguna narkoba tidak akan diproses hukum jika melaporkan diri ke BNNP Malut. Sebab penyalahguna narkoba adalah korban yang perlu dipulihkan.

"Saya perlu tekankan program kita di BNN jika ada keluarga atau warga yang pernah menggunakan narkoba jangan takut dan merasa terjastifikasi jadi terdakwa, datang ke ke BNNP Malut untuk di rehabilitasi posisi anda adalah korban, kita akan jamin dan proteksi kerahasiaan," ujarnya di Ternate, Kamis (20/6).

Menurut dia, masyarakat yang melapor tidak usah ragu atau cemas. Jika ada anggota keluarga yang menyalahgunakan Narkoba silahkan datang ke BNNP Malut.

"Kita punya klinik rehabilitasi yang bisa memulihkan penyalahguna dan masyarakat yang pernah jadi korban atau sedang menyalahgunakan Narkoba dan ingin sembuh. Anda adalah korban dan harus dipulihkan," ujarnya.

Alumnus Akpol Tahun 1990 ini menyinggung masalah tes urine yang banyak ditakuti pemangku kepentingan. Padahal tes urine bukan mencari pelakunya tetapi untuk mengantisipasi dan kepentingan pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Saat ini strategi BNNP untuk memperkecil permintaan kelompok pengguna yang merupakan sasaran bandar. "Dengan sedikitnya permintaan pasar, maka suplai akan berkurang," timpalnya.

Khusus kepada para bandar, dia menegaskan, sanksi hukum keras akan diterapkan. Selain menjerat dengan UU Narkotika, akan dikenakan juga pasal berlapis termasuk pasal tindak pidana pencucian uang. (abdul fatah)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!