Sekilas Info

20 Pasien dari Namlea hingga Kisar Difasilitasi Ikut Program Operasi Bibir Sumbing Gratis Polda Maluku

Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa berdialog dengan sejumlah anak pasien bibir sumbing di RS Bhayangkara Ambon, Senin (17/6).

satumalukuID – Bakti kesehatan operasi bibir sumbing dan langit-langit dalam rangka Hari Bhayangkara ke-73, digelar jajaran Polda Maluku bekerja sama dengan beberapa instansi terkait di RS Bhayangkara, Tantui, Ambon, Senin (17/6) .

Pasien yang mengikuti program ini datang dari berbagai daerah di Maluku, diantaranya dari Namlea (Kabupaten Buru), hingga Kisar (Kabupaten Maluku Barat Daya).

Salah satu orang tua pasien yang ditemui, Ibu Marlia Papalia, asal Namlea menceritakan kondisi anaknya, Wilkam Sangadji yang menderita bibir sumbing sejak lahir.

Dia mengatakan, anaknya didaftarkan oleh salah satu bidan di Namlea untuk ikut dalam operasi tersebut.

"Kita bersyukur, apalagi kita ini orang kurang, suami saya pedagang keliling dan saya ibu rumah tangga, kalau harus dengan biaya sendiri pastinya butuh biaya besar," ungkapnya.

Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa kepada wartawan di lokasi RS. Bhyangkara Tantui Ambon, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Polri bagi masyarakat.

"Target untuk Maluku sendiri 20 pasien untuk memenuhi target 500 seluruh Indonesia. Karena pasien sumbing sudah tidak banyak lagi sebenarnya. Mumpung mereka masih anak-anak, mereka belum menyadari itu, sehingga operasi ini perlu dilakukan sekarang," kata Kapolda.

Kegiatan ini kata Kapolda, bekerjasama dengan beberapa instansi terkait, diantaranya Pemerintah Provinsi Maluku, Pemerintah Kota Ambon, Kodam XVI/Pattimura, Lanud dan Lantamal serta tim kedokteran dari Makasar enam dokter ditambah dokter di Maluku, sehingga total yang disiapkan berjumlah 10 untuk melayani 20 penderita bibir sumbing.

"Saya berterimakaih kepada semua pihak yang terlibat. Ini yang datang kebanyakan dari luar Ambon, bahkan Kisar paling jauh, yang datang itu semua kita fasilitasi sampai dia kembali lagi ke kampungnya," ujar Kapolda. (MG-01)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!