Sekilas Info

Sudah Ada 16 Kampung KB di Ambon, Pemkot akan Tambah Lima di Setiap Kecamatan

satumalukuID - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan menambah lima  kampung Keluarga Berencana (KB)  di setiap kecamatan guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Saat ini sudah ada 16 kampung KB sesuai Surat keputusan Wali Kota Ambon, kita target akan bertambah lima kampung di setiap kecamatan," kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Ambon, Welly Patty di Ambon, Jumat (14/6).

Ia mengatakan, penambahan kampung KB dilakukan karena dampaknya sangat besar bagi masyarakat guna mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

"Animo kepala desa, raja dan lurah akan dampak kampung KB juga sangat besar, karena terjadi peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, sehingga kita berharap ada penambahan jatah kampung KB dari BKKBN pusat," katanya.

Welly menjelaskan, kampung KB merupakan program pemerintah yang merupakan implementasi dari program nawacita kelima yakni meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Menindaklanjuti program, wali kota juga telah mengarahkan kegiatan difokuskan untuk peningkatan masyarakat di kampung KB, karena dampak yang dirasakan masyarakat.

Pihaknya juga telah melakukan pendataan yang hasilnya terjadi peningkatan status dari keluarga pra sejahtera menjadi keluarga sejahtera.

"Kampung KB juga merupakan sarana untuk memperkuat cakupan program DPPKB yang dapat diterima manfaatnya secara langsung oleh masyarakat," tandasnya.

Ia mengakui, sasaran kampung KB adalah penduduk yang tinggal di wilayah miskin, padat penduduk, kurang memiliki akses kesehatan, terpencil, pesisir, kumuh, dan wilayah dengan kesertaan berKB yang masih rendah.

Kota Ambon, lanjutnya, menjadi percontohan penerapan kampung KB bagi kabupaten dan kota lain di Provinsi Maluku, karena hasil penilaian Maluku menempati urutan ke delapan tingkat nasional.

Sesuai jadwal tanggal 18-21 Juni akan dilaksanakan pertemuan sekretaris BKKB provinsi se Indonesia di Kota Ambon. Kegiatan tersebut salah satu agenda yakni kunjungan ke kampung KB.

"Kegiatan tersebut akan dilakukan kunjungan ke dua kampung KB kita siapkan desa Waiheru dan kelurahan Benteng," tandas Welly.

10 Kampung KB di Ambon Diantaranya, desa Hunut, Waiheru, Wayame kecamatan Teluk Ambon, desa Passo, Latta kecamatan Baguala, Kelurahan Ahusen, Batu Merah dan Desa Hative Kecil di kecamatan Sirimau, negeri Rutong dan Desa Hutumuri kecamatan Leitimur Selatan, dan Kecamatan Nusaniwe yakni kelurahan Benteng. (penina f mayaut)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!