Sekilas Info

TNI, Polri dan Pemuda Gereja Amankan Salat Idul Fitri di Ambon

Aparat keamanan dari unsur TNI/polri dibantu Polisi Masyarakat dan pemuda gereja mengamankan kegiatan Shalat Idul Fitri 1440 Hijriah pada tiga Masjid di kawasan Pohon Mangga Air Salobar, Kecamatan Nusaniwe. Kota Ambon, Maluku, Rabu (5/6/2019). (ANTARA/Daniel Leonard)

satumalukuID - Pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri 1440 Hijriah oleh ratusan jamaah pada tiga masjid di Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon mendapat pengawalan gabungan unsur TNI, Polri, serta dibantu forum kemitraan polisi masyarakat dan pemuda gereja.

"Satu regu dari personel Brimob Polda Maluku ditambah empat personel Polsek Nusaniwe, empat personel Polisi Reaksi Cepat (PRC) Polres Ambon dibantu FKPM Negeri Amahusu, Polmas kecamatan serta AMGPM Ranting Bethesda terlibat dalam melakukan pengamanan," kata Kasubag Humas Polres Pulau Ambon dan Pp Lease, Ipda Julkisno Kaisupy di Ambon, Rabu (5/6).

Meskipun Pulau Ambon dan sekitarnya diguyur hujan lebat sejak tadi malam hingga saat ini, namun ratusan warga tetap berbondong-bondong mendatangi tiga masjid di kawasan Air Salobar, Kecamatan Nusaniwe untuk melaksanakan ibadah Salat Id.

Salat Id berjamaah pada pukul 07:30 WIT ini berlangsung di tiga lokasi masjid yang berada di Kecamatan Nusaniwe tepatnya di daerah Pohon Mangga Air Salobar.

Bertindak selaku Imam di Masjid Assalamah yang dipenuhi sekitar 250 jamaah adalah Imam Labuka, dan Imam Bulis Retob di Masjid Baitul Makmur yang dipenuhi 100-an jamaah. Sedangkan Masjid Jabal Iman dipimpin Imam Baco Pegatol yang dihadiri sekitar 150 jamaah.

Menurut Julkisno, tujuan pelaksanaan kegiatan pengamanan Salat Id dengan melibatkan Polmas serta AMGPM adalah untuk memberikan rasa aman kepada jamaah yang melaksanakan sholat Ied.

"Kegiatan ini juga sekaligus menjalin tali silahturami antarwarga atau pemuda Kelurahan Benteng Atas dan Desa Amahusu dengan warga Pohon Mangga Air Salobar serta menciptakan suasana yang harmonis antarumat beragama," jelas Julkisno.

Kegiatan pengamanan yang dilakukan Polmas dan AMGPM dikoordinir langsung oleh Kepala Kelurahan Nusaniwe, Ny. Syane Kaya.

Secara keseluruhan, kegiatan pengaman Sholat Ied berjamaah Idul Fitri 1440 Hijriah di kawasan Pohon Mangga yang berjalan aman dan lancar ini dipimpin langsung Kapolsek Nusaniwe, Iptu Pieter F. Matahelumual.(Daniel Leonard)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!