Sekilas Info

Ratusan Peserta Ikut Festival Pawai Takbiran di Ternate Maluku Utara

satumalukuID - Ratusan peserta mengikuti Festival Pawai Takbiran di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) guna menyambut malam Idul Fitri 1440 Hijriah yang dilepas di Kantor Wali Kota Ternate pada Selasa (4/6) malam.

"Kami menggelar Festival Pawai Takbiran sebagai momentum memeriahkan Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah dan kegiatan festival ini sudah menjadi tradisi setiap tahunnya," kata Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman di Ternate, Rabu.

Ratusan peserta dari berbagai kalangan, dari siswa SD hingga SMA dan sederajat, serta organisasi perangkat daerah (OPD) memeriahkan malam takbiran tahun ini yang berlangsung aman dan tertib. Mereka pawai takbiran berjalan kali keliling pusat Kota Ternate dan kemudian berakhir di Kantor Wali Kota Ternate.

"Selama satu bulan penuh kita telah melaksanakan ibadah puasa dengan menahan makan dan dahaga dan mudah-mudahan ibadah puasa yang kita jalankan nanti bisa diterima oleh Allah SWT dan termasuk orang-orang yang beriman dan bertaqwa dihadapan-Nya," kata dia.

Pemkot Ternate memusatkan Shalat Id secara berjamaah di Masjid Raya Al-Munawar Ternate. Pemkot juga melakukan persiapan untuk menampung belasan ribu umat yang akan melaksanakan Shalat Id bersama pada Rabu pagi.

Untuk mengantisipasi ancaman teror, kata Burhan Abdurahman, Pemkot Ternate juga terus melibatkan TNI-Polri dalam mengamankan atau berjaga masjid dan tempat vital lainnya, sehingga bisa jamin keamaan kota yang dikenal dengan kekayaan rempah-rempah itu.

"Masyarakat juga diminta untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kebersihan, supaya Kota Ternate terus menjadi kota yang dikenal luas bahwa Ternate adalah daerah bersih dan aman dari ancaman teror," katanya.

Turut menyaksikan Festival Pawai Takbiran di antaranya Kapolres Ternate, Dandim Ternate, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ternate, dan warga setempat. (Abdul Fatah)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!