Sekilas Info

Symphony Orchestra IAKN Ambon Perkuat Nilai sebagai Kota Musik Dunia

Pementasan Symphony Orchestra IAKN Ambon di Taman Budaya, Ambon, Jumat (24/5).

satumalukuID - Kehadiran Symphony Orchestra Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon, telah memberi warna positif bagi perkembangan musik di Maluku, setidaknya di Kota Ambon. Bahkan Symphony Orchestra IAKN Ambon telah menambah nilai tersendiri untuk mendukung terwujudnya Ambon sebagai Kota Musik Dunia.

Apresiasi atas Symphony Orchestra IAKN Ambon ini disampaikan Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler dan Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, di gedung teater seni Taman Budaya Ambon, pekan lalu Jumat (24/5).  Saat itu, digelar konser Shymhony Orchestra IAKN Ambon berkolaborasi dengan para penyanyi Maluku yang eksis di Kota Ambon.

"Saya berikan penghargaan setinggi-tingginya kepada pemerintah kota Ambon dan kepada seluruh masyarakat kota Ambon. Kegiatan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses Kota Ambon menuju Kota Musik Dunia, dan bertepatan dengan kunjungan dari vocal point UNESCO, Reiner Kern, yang merupakan salah satu orang dari tim penilai UNESCO untuk  menentukan apakah Ambon layak menjadi kota musik dunia," jelas Syarif Hadler usai pementasan Symphony Orchestra IAKN Ambon.

Menurut Syarif, kualitas musisi lokal Maluku yang berkiprah di daerah, tidak kalah dengan musisi asal Maluku yang sudah berkiprah di ranah nasional maupun internasional.

"Saat acara berlangsung tadi, Reiner sempat bertanya apakah musisi yang tampil berasal dari luar Ambon. Dan kami jelaskan bahwa mereka semua adalah musisi lokal, dan kualitas mereka tidak ada bedanya dengan musisi asal Ambon yang ada di tingkat nasional maupun internasional," tuturnya.

Wagub Barnabas Orno yang sempat bernyanyi diiringi Symphony Orchestra IAKN Ambon juga menimpali, Kota Ambon sebagai Ibukota Provinsi Maluku yang saat ini tengah menuju Kota Musik Dunia sudah seharusnya mendapat dukungan dari berbagai pihak, terlebih dari pihak provinsi.

“Dukungan penuh kami berikan dari Pemerintah Provinsi Maluku bagi Kota Ambon untuk menjadi Kota Musik Dunia,” terangnya.

Sementara itu di kanal Youtube IAKN Ambon, postingan acara pementasan di Taman Budaya Karpan, Ambon sudah diupload dan sudah bisa disaksikan oleh seluruh pecinta musik di manapun berada.

Di akun tersebut, terlihat bagaimana penampilan Shympony Orchestra IAKN Ambon berkolaborasi dengan sejumlah penyanyi di antaranya Herman Sahetapy, Willy Sopacua, Joice Pupella, dan Margie Sipahelut. (m-10/petra josua)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!