Sekilas Info

Kapolres Ambon Ajak Warga Jaga Kamtibmas Tetap Kondusif Pasca Pilpres

Kota Ambon

satumalukuID - Pasca penetapan hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Sutrisno Hady Santoso, berharap agar warga Kota Ambon dapat menjaga suasana Kamtibmas agar tetap kondusif.

Hal ini disampaikan Santoso saat kegiatan buka puasa bersama (Bukber) Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Ambon, Selasa (28/05) bertempat di Aula Mapolres, kawasan Perigi Lima.

“Mari kita ciptakan kondisi Kamtibmas yang lebih kondusif, aman dan nyaman di Kota Ambon pasca penetapan hasil Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019 – 2024,” ujarnya.

Ia berharap agar semua pelajaran spiritual yang telah didapat masyarakat selama pelaksanaan ibadah puasa ini, dapat menjadi bekal penting dalam menghadapi berbagai tantangan kamtibmas dan politik sosial yang semakin hangat dewasa ini, sebagai ikhtiar bersama mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Momen bukber bersama ini, seluruh peserta yang hadir diminta agar dapat menjadi momentum penting untuk mengasah kepekaan rohani, juga sebagai media untuk memperkuat silaturrahmi, persatuan dan keluarga besar Polres Pulau Ambon dan pulau-pulau Lease serta forkopimda bersama seluruh masyarakat Kota Ambon yang multireligi dan multikultur.

Kapolres meminta agar masyarakat Kota Ambon dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai upaya provokasi yang dapat menciptakan instabilitas politik dan keamanan seperti pemberitaan yang tidak benar (hoaks) di berbagai media sosial, yang dapat memecah persatuan dan kesatuan anak bangsa.
Ia jelaskan bulan suci Ramadhan adalah salah satu bulan istimewa yang penuh berkah baga umat Islam.

Pada bulan Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia melakukan ibadah puasa menahan haus dan lapar dari pagi hingga petang, serta menjauhi berbagai bentuk tindakan tercela yang dapat membatalkan puasanya
lbadah puasa, kata Santoso akan memperkuat nilai-nilai kebajikan sosial yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya nilai-nilai kesabaran, ketabahan dan kejujuran yang sangat dibutuhkan dalam menjalani kehidupan sosial yang semakin dinamis dan pengendalian diri dan setiap sikap dan perbuatan yang bisa melukai orang lain.

“Sebagai Bhayangkara Negara dan Rakyat, mari kita jadikan momentum Ramadhan yang mulia ini untuk meningkatkan komunikasi dan silaturrahmi dengan seluruh masyarakat, mendekatkan kepolisian dengan masyarakat, sehingga masyarakat senantiasa dapat bahu membahu dengan aparat kepolisian dalam memerangi berbagai bentuk kejahatan yang semakin canggih dan terorganisir,” tukasnya.

Ia katakan, dukungan dan kepercayaan masyarakat juga akan memberikan energi kepada kepolisian dan seluruh aparat pemerintah untuk menyelesaikan berbagai bentuk konflik dan pertikaian yang masih sering terjadi di beberapa negeri bersaudara di Maluku.

Buka puasa bersama diharapkan dapat menjalin tali silahturami dan mempererat Ukhuwah Islamiyah Keluarga Besar Polres Pulau Ambon Dan Pulau. Pulau Lease bersama Farkopinda Kota Ambon.

Sambil menunggu waktu untuk berbuka, Ustad H Maruf Amin,M.M membawakan tausiyah singkat. Saat azan berkumandang tanda waktu berbuka, semua peserta yang hadir melaksanakan buka puasa dengan mencicipi hidangan yang telah disediakan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan sholat Maghrib berjamaah di Masjid Al-Wahyu Kompleks Mapolres Ambon. (MG-01)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!