Sekilas Info

Buka Puasa Bersama Membangun Tali Silaturahmi Diantara Orang Basudara, DPRD Ambon Santuni Anak Yatim

satumalukuID - Mensyukuri nikmatnya bulan suci Ramadhan 1440 H, keluarga besar DPRD Kota Ambon menyantuni anak yatim lewat buka puasa bersama (Bukber).

Bukber dengan melibatkan Pemkot Ambon, tokoh agama, tokoh masyarakat, ibu-ibu majelis Ta’lim ini berlangsung di Baileo Rakyat Belakang Soya, Senin (27/5/).

Tema bukber ini "Bersama Membangun Tali Silaturahmi Diantara Orang Basudara" berlangsung penuh keakraban antara sesama yang hadir.

Penyerahan infaq atau santunan kepada anak-anak dari yayasan Al Madinah dan yayasan Hekaleka diserahkan Ketua DPRD James Maatita dan Sekretaris Kota Ambon A.G. Latuheru.

Mengawali bukber, Sekot Ambon mengatakan, puasa yang sudah memasuki hari ke-21, ini semata-mata karena kasih Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa tanpa ada gangguan dan hambatan dari aspek keamanan.

Ini bertanda tak lama lagi Ramadhan akan berakhir dan memasuki hari kemenangan Idul Fitri. Hal penting lain tentu karena sikap toleransi masih tetap dijunjung tinggi hingga kini oleh semua agama di tanah manise ini, serta bulan puasa memberi makna bagi semua agama, tak hanya muslim.

Dimana semua ini pertanda bukber bukan hanya dimiliki umat muslim tetapi juga melibatkan semua elemen dalam semangat harmonisasi, sehingga ini menunjukkan Kota Ambon yang sejahtera, aman dan nyaman sesuai dengan tema Bukber DPRD Kota Ambon tahun ini.

Dikatakan, Ramadhan merupakan bulan suci yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga muslim dan non muslim untuk saling berinteraksi dan menghormati.
Itu dikarenakan puasa bisa memberikan suasana yang lebih baik dan semakin memperkuat iman kaum muslimin khususnya, untuk bisa introspeksi diri mencari jawaban keimanan pada Tuhan dan memperkuat akhlak.

Sementara taudsiyah yang disampaikan Al Ustad Arsal Tuasikal menyampaikan, ciri-ciri orang beriman harus mampu menegakkan dan memberi rasa aman, termasuk pemerintah. Jika tidak mampu, maka bukan orang beriman.

Sebab dalam sejarah, Islam mampu memberi rasa aman bagi umatnya dan agama lain, sebaliknya pun demikian agama lain dan Islam mampu ciptakan rasa aman, saling melindungi dan menjaga.

"Sudah saatnya kita tunjukkan bagi dunia, Kota Ambon harus menjadi pusat keharmonisan kehidupan orang basudara yang kuat terjaga dan mampu memberi rasa aman bagi siapapun yang datang di Kota Ambon,” ucapnya. (SM-1­0)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!