Sekilas Info

Prof Dr Thomas Pentury Jabat Pelaksana Tugas Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI

Prof Dr Thomas Pentury dan Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler berfoto bersama di Kantor Kementerian Agama RI, seusai pemberian penghargaan Kota Toleran untuk Kota Ambon, Januari 2019 lalu. (FOTO: satumalukuID)

satumalukuID - Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin telah menetapkan Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Protestan‎, Prof Dr Thomas Pentury MSi, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Agama RI.

Hal ini terungkap dalam Surat Perintah Menteri Agama RI Nomor : B.II/3/17924 yang memerintahkan untuk dicabut posisi jabatan Irjen Kemenag RI dari Prof Dr. H. Mohamad Nur Kholis, karena yang bersangkutan telah diangkat pada posisi jabatan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag RI.

Prof Dr H. Mohamad Nur Kholis dijelaskan sudah menjabat Plt Irjen Kemenag sejak 5 Oktober 2018.

Terkait dengan itu, dalam surat perintah Menag tertanggal 20 Mei tersebut, menyatakan, terhitung mulai tanggal ditetapkan maka Prof  Dr Thomas Pentury MSi selain menjabat Dirjen Bimas Kristen Protestan RI juga melaksanakan tugas jabatan sebagai Plt Irjen Kemenag RI sampai dengan ditetapkannya pejabat yang definitif.

Untuk diketahui, Prof Dr Thomas Pentury sebelumnya adalah mantan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon.

Ia kemudian terpilih menjadi Rektor Unpatti Ambon namun hanya menjabat satu periode, karena saat pemilihan periode keduanya meski mendapatkan suara terbanyak dari Senat Unpatti, namun akhirnya kalah perolehan suara karena adanya sistem kuota suara dari Mendikti.

Namun dua tahun lalu Prof Dr Thomas Pentury kemudian diangkat dan dipercayakan oleh Menag menjabat Dirjen Bimas Kristen Protestan Kemenag RI.

Sementara itu, secara terpisah Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Maluku, Feisal Musaad, yang dihubungi Jumat malam (24/5) melalui telepon selulernya terkait hal tersebut, menyampaikan selamat dan kebanggaannya sebagai sesama putra Maluku sehingga Prof Dr Thomas Pentury dipercayakan menjadi Plt Irjen Kemenag RI.

"Kami bangga dan mensyukuri atas kepercayaan Menteri Agama menunjuk pak Thomas Pentury sebagai Irjen Kemenag. Semoga dengan tugas barunya itu, dapat lebih meningkatkan kinerja dan kordinasi yang lebih baik di kementerian. Inti lainnya juga ini adalah sebuah kebanggaan bagi kami di Maluku," ungkap Feisal Musaad. (SM-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!