Sekilas Info

Kajati Maluku Imbau Jajarannya Jaga Silaturahim dan Tingkatkan Toleransi Antar Umat Beragama

satumalukuID - Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Triyono Haryanto mengimbau segenap jajarannya untuk tetap menjaga tali silaturahim serta meningkatkan toleransi antarumat beragama di bulan suci Ramadhan.

"Prinsipnya semua umat manusia itu sama dan tidak  berbeda, jadi di bulan yang penuh berkah dan pengampunan ini, kita semua harus tetap memupuk persaudaraan atau tali silaturahim antarsesama umat," kata Kajati di Ambon, Kamis.

Imbauan Kajati disampaikan dalam acara buka puasa bersama keluarga besar Kejaksaan Tinggi Maluku yang dihadiri Wakajati Agoes Eril, para asisten, dan seluruh jaksa serta pegawai negeri sipil pada Kejati Maluku.

Hadir dalam kegiatan tersebut, anak-anak yatim piatu dari panti asuhan Yayasan Al Anshor Kota Ambon yang juga mendapatkan tali asih dari jajaran Adhiyaksa.

"Selain menjaga tali silaturahim antarsesama umat beragama, kita juga harus selalu ingat pada anak-anak yatim dan piatu yang ada di daerah ini," kata Triyono.

Sementara Ustad Hasrun Kilrey dalam tausiahnya mengatakan, Allah SWT dalam Al Quran berfirman mereka yang diperkuatkan di muka bumi atau kokohkan keberadaannya adalah yang mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan mereka yang saling mengajak pada kebaikan dan mencegah yang mungkar, karena sesungguhnya segala urusan itu dikembalikan kepada Allah SWT.

"Para ahli tafsir memaknai kata mendirikan sholat menjadi sangat penting bagi sebuah masyarakat  menjadi kuat, karena sholat adalah cermin atau bentuk penyerahan seseorang kepada Allah SWT," katanya.

Sebagai wujud dari kesadaran bahwa kapan dan di mana pun dia berada, senantiasa memiliki ketergantungan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dan dalam keadaan seperti ini membuat seseorang mampu membuat hal-hal yang baik kepada sesama dan menghindari diri dari larangan Allah SWT.

"Yang Allah lihat adalah kebersihan jiwa dan bukan karena status sosialnya tanpa harus memandang apakah dia sebagai kepala kejaksaan tinggi, jaksa, atau staf biasa," ujar Ustad Hasrun.

Kemudian turunnya rahmat dan berkah  pertolongan Allah untuk suatu kaum, masyarakat, keluarga, maupun individu adalah karena mereka  menunaikan zakat, sebab dengan memberikan zakat, infak, dan sadaqah, maka akan terjalin silaturahim yang menghubungkan antara yang berkelebihan dengan yang berkekurangan. (Daniel Leonard)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!