Sekilas Info

Gubernur Maluku Sanggupi Siapkan Lahan 5 Hektar Buat Embarkasi Haji Antara di Waiheru

satumalukuID - Gubernur Maluku Murad Ismail akhirnya menyanggupi permintaan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Maluku Fesal Musaad untuk pembebasan lahan seluas 5 hektare untuk mendukung Maluku dijadikan sebagai Embarkasi Haji Antara (EHA) Maluku.

"Untuk lahan 5 hektar saya sanggupi untuk kepentingan masyarakat Maluku," demikian dukungan disampaikan Murad Ismail saat menghadiri buka puasa bersama Keluarga Besar Kementerian Agama dan Pemprov Maluku di Lantai IV Gedung Asrama Haji Muzdalifa Waiheru Ambon, Kamis (16/5).

Terhadap dukungan lahan tersebut, Gubernur meminta Kepala Desa Waiheru untuk segera membantu kelancaran pembebasan lahan kepada Kemenag Maluku.

Murad juga memberikan deadline waktu paling lambat sepekan agar proses ini segera diselesaikan.

"Saya akan bantu untuk pembebasan lahan.Tapi jika dana saya tidak cukup saya akan minta bantu pemerintah daerah, kan ada dana aspirasi, dana bantuan sosial ada dana lainnya. Daripada tidak jelas peruntukannya dan menguntungkan pihak tertentu, lebih baik diarahkan untuk kepentingan kemasyarakatan yang lebih jelas," ucapnya.

Mantan Kakor Brimob Polri ini juga meminta kepada Kepala Desa Waiheru Ambon untuk tidak mencari keuntungan lebih dalam proses pembebasan lahan demi kepentingan keumatan.

"Saya ingin masuk surga begitu pun juga Kepala Desa ingin masuk surga. Jadi harganya jangan terlalu mahal-mahal," pinta Murad.

Sebelumnya Musaad dalam arahan singkatnya mengatakan, kalau proses pengusulan pembebesan lahan sudah pernah diajukan ke Gubernur sebelumnya di tahun 2015 agar segera dibebaskan lahan tersebut.

Namun hingga saat ini tak menemukan titik terangnnya. Padahal­ lahan tersebut sangat diperlukan untuk pembangunan sejumlah infrastruktur pendukung EHA.

Musaad juga menambahkan, jika lahan seluas 5 hektare bisa diperoleh dan digunakan untuk mendukung EHA maka ke depan tidak menutup kemukinan EHA akan ditingkatkan menjadi Embarkasi Haji Penuh.

Olehnya itu, kepada Gubernur Maluku Murad Ismail, Kakanwil meminta dukungan penuh agar pemerintah daerah segera membebaskan lahan 5 Hektare itu dan menghibahkan ke Kementerian Agama. (SM-10).

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!