satumalukuID - Jajanan berbagai jenis kolak yang ditawarkan para pedagang di pasar kaget, kota Ambon, Maluku, sebagai makanan awal berbuka puasa ramai dikunjungi pembeli.

Di lokasi penjualan di Jl. Sultan Babullah yang bersebelahan dengan Masjid Raya Alfatah, Rabu, terlihat ramai dikunjungi pembeli, terutama pedagang yang berjualan kolak sibuk melayani pembeli, terutama kolak serabi.

"Sudah terbiasa berbuka bersama di rumah dengan hidangan kolak sarabi. Jadi sejak awal berbuka puasa bersama keluarga kami harus membeli kolak," kata warga Waihaong, Amida.

Rasanya enak, lanjutnya, sebab kolak yang dibeli bukan satu macam saja tetapi dibeli per paket, terdiri dari tiga hingga empat jenis kolak yang tersedia yakni kolak, pisang, kacang hijau, beras ketan, es palu butung.

Dia mengatakan, kalau membeli kolak satu macam harganya Rp10.000/porsi (gelas khusus), tetapi rugi rasanya. Jadi membeli per paket dengan harga hanya Rp15.000.

Afras (50), ditemui sedang membeli empat paket kolak, mengatakan sejak hari kemarin berbuka puasa keluarga hingga sekarang kolak dijadikan sebagai makanan pembuka di rumah.

"Jadi sudah terbiasa dengan hidangan yang satu ini. Sebagian besar masyarakat Kota Ambon yang menjalani ibadah puasa menggemari kolak sebagai hidangan buka di rumah," katanya.

Tini warga Dusun Ahuru, Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, yang menjual berbagai jenis kolak mengakui kalau dirinya sudah berada dilokasi penjualan sejak pukul 14.30 WIT dengan jajanan yang sudah tersedia di meja yakni berbagai jenis kolak masakannya digemari pembeli.

"Ada empat macam kolak yakni pisang, kacang hijau, es palu butung dan pulut hitam dengan harga masing-masing Rp10.000/porsi, tetapi banyak pembeli yang menginginkan dalam bentuk paket," ujarnya.

Kalau harga per paket Rp15.000/porsi, lanjutnya, diisi dengan kolak tiga hingga empat macam sesuai permintaan para pembeli.

Dia mengatakan, empat macam kolak yang terdapat di tempat masing-masing isinya hanya mencapai 30 hingga 35 porsi saja, jadi di buat dengan perhitungan waktu sesuai dengan berjualan untuk kembali ke rumah guna beribadah sekitar pukul, 18.30 hingga 19.00 WIT.

Di lokasi penjualan kue buka puasa ada juga berbagai macam kue yang ditawarkan di sana.

Kue panakuk, mendud, janda, panada, bolu kukus, cucur dan gogos masing -masing Rp5.000/empat buah, pisang asar Rp2.500/buah, herkules ukuran kecil Rp1.500/buah dan ukuran besar Rp3.000/buah.

Selain itu, ada jualan nasi kuning, nasi goreng, ayam lalapan dan ikan bakar yang dijual hingga malam hari.

Hamidah pedagang kue mengatakan, berbagai jenis kue, baik buatan sendiri maupun dipesan dari orang lain seperti bolu kukus, gogos, sakura, cucur, kue sus dan tar susu serta nasi kuning dan sate , maupun kue wijan dan tar susu dan lainnya sudah dipajang di lokasi penjualan sejak pukul 15:30 WIT.

"Jadi masyarakat Kota Ambon yang hendak berbuka bersama tidak perlu repot. Mampir saja di lokasi penjualan dan membeli berbagai jenis hidangan makanan untuk dibawa pulang ke rumah," ujarnya. (John Soplanit)