Sekilas Info

Rekapitulasi Penghitungan Suara di Kecamatan Sirimau dan Nusaniwe Kota Ambon Belum Rampung

Ketua PPK Sirimau (Kota Ambon) Vicktor Pattiasina sedang memimpin rekapitulasi penghitungan suara di Gedung Sport Hall Karangpanjang Ambon. (Daniel Leonard)

satumalukuID - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Ambon M. Shadek Fuad menyatakan, rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif di dua kecamatan belum rampung.

"Sampai hari ini proses rekapitulasi penghitungan suara di dua kecamatan di Ambon belum rampung yakni kecamatan Sirimau dan Nusaniwe," katanya di Ambon, Selasa (7/5).

Ia mengatakan, sesuai jadwal perekapan di tingkat PPK telah berakhir pada 4 Mei 2019, tetapi hingga waktu yang ditetapkan baru satu kecamatan yakni Leitimur Selatan pada 29 April dan kecamatan Teluk Ambon pada 6 Mei 2019.

"Surat edaran KPU nomor 781 tahun 2019 tentang rekapitulasi di tingkat PPKK yang belum rampung tanggal 4 Mei, diberikan perpanjangan waktu hingga tanggal 7 Mei, tetapi hingga hari ini baru tiga kecamatan yakni tambahan kecamatan Baguala yang akan dilakukan malam ini," katanya.

Surat edaran KPU tersebut kata Shadek, PPK dan KPU diminta untuk memaksimalkan prosedur berdasarkan PKPU terkait mekanisme dan tata cara penghitungan serta pembatasan di tingkat kecamatan.

"Terlambatnya proses perekapan di tingkat kecamatan tidak mempengaruhi perekapan di KPU Kota Ambon, karena jika penghitungan suara tingkat kecamatan tidak diselesaikan dalam 17 hari, maka PPK dapat melanjutkan rekapitulasi paling lambat sebelum tahapan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara di tingkat kabupaten dan kota yang sesuai jadwal akan berakhir 7 Mei," ujarnya.

Diakuinya, pengawasan KPU Kota Ambon rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara di dua kecamatan hampir selesai, diharapkan secepatnya rampung.

Pihaknya juga meminta dua PPK yakni Sirimau dan Nusaniwe untuk segera  menyelesaikan rekapitulasi hasil perhitungan perolehana suara.

"Jika rekapitulasi hasil perhitungan perolehana suara dua kecamatan selesai maka akan dilanjutkan di tingkat kota dan sesuai jadwal akan dilanjutkan ke tingkat provinsi pada 12 Mei 2019," kata Shadek.

Ia menambahkan, belum rampungnya proses rekapitulasi di tingkat PPK karena banyak data yang harus dikoreksi selain itu fisik peserta pleno di PPK menurun.

"Kiat berharap setelah pleno kecamatan Baguala, akan dilanjutkan dengan dua kecamatan lainnya di besok hari," tandasnya. (Penina f Mayaut)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!