Sekilas Info

Ambon Kian Dekat Jadi Role Model Smart City, 15 Mei Walikota Tanda Tangan Nota Kesepahaman di Jakarta

satumalukuID - Kota Ambon saat ini sudah ditetapkan masuk dalam 25 kota dan kabupaten di Indonesia yang akan segera mendapat pendampingan penyusunan masterplan dan quick win smart city pada Tahun 2019. Rencananya, Walikota Ambon akan menandatangani nota kesepahaman bersama antara Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI pada 15 Mei 2019 di Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, Jakarta.

Kepastian penandatangan pendampingan penyusunan masterplan dan quick win smart city kepada Walikota Ambon ditandai dengan surat undangan Nomor 374/M.KOMINFO/KAS,0104/05/2019 tertanggal 3 Mei 2019 yang diterima satumalukuID.

Surat berlogo Menteri Komunikasi dan Informasi RI yang ditandatangani Dirjen Aptika Kemenkominfi Samuel Abrijani Pangerapan tersebut, selain ditujukan kepada Walikota Ambon, juga kepada 24 kepala daerah lainnya yang terpilih dalam program Smart City 2019.

Kepala Dinas Kominfo Kota Ambon Joy Adriaansz memastikan pihaknya akan menghadiri undangan dimaksud. Dia juga menjelaskan, berbagai tahapan sudah dilakukan untuk menjadikan kota Ambon sebagai Kota Cerdas (Smart City). Di antaranya dengan pemasangan spot WiFi gratis di sejumlah titik di kota Ambon, serta penggunaan aplikasi dalam manajemen pemerintahan seperti tandatangan digital maupun transaksi ekonomi.

Di kawasan Indonesia Timur, hanya ada dua kota yang terpilih dalam 25 kota/kabupaten yang akan mendapatkan pendampingan menuju Smart City Tahun 2019. Selain Ambon, adalah Kota Jayapura. Sedangkan sisanya adalah kota di kawasan Indonesia Bagian Tengah dan Indonesia Bagian Barat.

Ke-25 kabupaten/kota terpilih ini, merupakan bagian dari program pemerintah pusat untuk mewujudkan 100 kota/kabupaten yang dapat dijadikan role model dalam mengimplementasikan program Smart City. Program ini melibatkan Kemenkominfo, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian PPN/Bappenas, Kemenko Bidang Perekonomian, dan Kementerian PAN-RB. (petra josua)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!