Sekilas Info

Dua Negeri Muslim di Jazirah Leihitu Laksanakan Ibadah Puasa Lebih Dulu

Ilustrasi buka puasa

satumalukuID - Warga muslim sunni di Negeri Wakal dan Kaitetu (Pulau Ambon), Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku akan mulai melaksanakan ibadah puasa 1 Ramadhan 1440 Hijriyah pada Sabtu, 4 Mei 2019.

Masyarakat di Negeri Wakal dan Kaitetu, Jumat (3/5), sudah menggelar shalat sunnah tarawih perdana Ramadhan 1440 Hijriyah di masjid-masjid setempat pada malam ini, karena akan mulai melaksanakan ibadah puasa pada 4 Mei.

Shalat tarawih di Negeri Wakal dipusatkan di Masjid Nurul Awal, sedangkan tarawih di Negeri Kaitetu dipusatkan di Masjid Jami Hena Telu dan Masjid kuno Wapauwe.

Wakal dan Kaitetu merupakan dua dari 12 kampung berpenduduk muslim sunni di Kecamatan Leihitu. Sama halnya dengan 10 kampung lainnya di Leihitu, tradisi penetapan 1 Ramadhan dilakukan oleh para penghulu masjid setempat.

Metode penetapan 1 Ramadhan di Wakal dan Kaitetu menggunakan perhitungan hisab secara rukyat, yakni dengan mengamati penampakan bulan sabit di ufuk barat, dan juga berpatokan pada kalender falakiah kuno berbahasa Arab yang ada di Masjid Nurul Awal dan Masjid kuno Wapauwe.

Usai penetapan 1 Ramadhan, para penghulu masjid mengumumkannya kepada masyarakat usai pelaksanaan shalat Jumat terakhir di bulan Syaban 1440 Hijriyah yang jatuh pada 3 Mei 2019.

Di Kecamatan Leihitu, pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan 1440 Hijriyah bervariasi, Desa Morela, Mamala, Hitu, Hila, Ureng, Larike dan Asilulu akan mulai berpuasa pada 6 Mei 2019, sedangkan Desa Seith, Negeri Lima dan Wakasihu pada 5 Mei 2019.

Selain Wakal dan Kaitetu di Kecamatan Leihitu, ada dua desa lainnya di Kabupaten Maluku Tengah yang juga melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1440 Hijriyah lebih dulu, yakni Desa Tengahtengah (Pulau Ambon), Kecamatan Salahutu dan Desa Waiputi di Kecamatan Leihitu Barat.

Sebagian besar warga Desa Tengahtengah telah melaksanakan shalat sunnah tarawih perdana pada Jumat malam ini dan mulai berpuasa pada 4 Mei, sedangkan sebagian warga lainnya masih menunggu penetapan 1 Ramadhan oleh Kementerian Agama.

Sementara warga muslim Desa Waiputi diketahui telah menggelar shalat tarawih perdana pada malam sebelumnya dan sudah mulai melaksanakan ibadah puasa mereka pada Jumat (3/5). (shariva alaidrus)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!