Sekilas Info

PDI Perjuangan Berpeluang Tambah Kursi di DPRD Maluku

Kantor DPRD Maluku

satumalukuID - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berpeluang menambah kursi nya di DPRD Provinsi Maluku. Bila sebelumnya partai berlambang kepala banteng monong putih itu, memperoleh 7 kursi pada Pemilu 2014 maka kali ini di tahun 2019 diprediksi memperoleh 8 kursi dari semua daerah pemilihan (dapil).

Sekretaris DPD PDPI Maluku, Drs Lucky Wattimury, kepada koran ini kemarin (29/4) menjelaskan, dari data yang sudah dikumpulkan pusat data partainya dari berbagai dapil dipastikan pihaknya mendapatkan satu kursi, sedangkan untuk dapil Kota Ambon kemungkinan besar tetap meraih dua kursi seperti sebelumnya.

"Kami punya peluang menambah kursi di DPRD Maluku dan semoga tetap mempertahankan posisi ketua dewan. Penambahan kursi itu terjadi, karena selama ini PDIP belum bisa mere‎but kursi di dapil Seram Bagian Timur. Namun kali ini ada dua caleg yang perolehan suaranya sudah bisa mengamankan satu kursi dari dapil SBT," ungkapnya.

Selain dapil SBT, Wattimury juga mengatakan, masing-masing satu kursi juga sudah dipastikan aman di dapil Seram Bagian Barat, Buru-Buru Selatan, Maluku Tengah, Malra-Tual-Aru serta Kepulauan Tanimbar dan Maluku Tenggara Barat.

"Untuk dapil Kota Ambon, satu kursi sudah aman dan kebetulan saya memperoleh suara signiffikan. Posisi kedua suara terbanyak dibawah saya sementara ini saudara Paulus Kastanya, bila dikalkulasikan dengan perolehan caleg parpol lain maka kami berpeluang mendapatkan kursi kedua," jelasnya.

Wattimury lantas membeberkan, dari data yang sudah terkumpul di pusat data parpolnya, untuk 9 kursi DPRD Maluku dari dapil Kota Ambon sudah terdistribusi pada beberapa partai saja yakni selain PDIP, juga satu kursi untuk Demokrat, Golkar, PPP, Gerindra, Hanura,‎ Berkarya dan Perindo.

"Distribusi kursi dapil Ambon untuk DPRD Maluku dari perolehan suara yang sudah terkumpul, semuanya sudah terbagi habis. Ada kejutan sebenarnya, yaitu posisi Nasdem belum aman. Serta tampilnya dua partai baru peluang besar mendapatkan kursi yaitu Berkarya dan Perindo," jelas Wattimury.

Namun demikian, dari catatan koran ini, meskipun Partai Berkarya adalah partai baru tetapi salah satu caleg unggulannya yang kemungkinan lolos adalah anggota petahana yang sebelum di PAW kan adalah Ketua DPD Partai Hanura Maluku yakni Ayu Hindun Hasanusi.

Sementara itu, senada dengan Wattimury, salah satu Wakil Ketua DPD PDIP Maluku, Thobyhend Sahureka mengatakan, kali ini semua dapil di Maluku mampu merebut satu kursi dan mereka bersyukur akhirnya dapil SBT bisa raih satu kursi.

"Ini masih perhitungan sesuai data yang kami miliki. Tentunya kita tunggu pengesahan resmi dari hasil pleno penetapan oleh KPU Maluku nantinya. Kami terus mengawal hasilnya," tandas Wattimury dan Sahureka, senada.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Ambon dari dapil kecamatan Nusaniwe, Gerald Mailoa, secara terpisah kemarin mengatakan, pihaknya optimis partainya bisa merebut dua kursi dari dapil Nusaniwe. Bila ini terjadi, akan mengulang prestasi yang sama seperti 2014 lalu.

"Data dan angka yang kami miliki, dapil Nusaniwe bisa didapatkan dua kursi oleh PDIP. Semoga prediksi ini tidak berubah sesuai perolehan suara para caleg kami," ungkap Gerald Mailoa. (SM-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!