Sekilas Info

Nasdem Optimis Raih Empat Kursi di DPRD Kota Ambon

satumalukuID - DPD Partai Nasdem Kota Ambon mengklain akan memperoleh empat kursi DPRD Kota Ambon periode 2019-2024 dari tiga kursi sebelumnya.

Perolehan tersebut berdasarkan data real count 90 persen pada C1 Pl, dimana satu kursi penambahan akan diperoleh dari Dapil Sirimau 2.

Meskipun tidak disebut caleg siapa yang akan meraih satu kursi, tapi ada dua nama caleg pendatang baru dari partai Nadsem yang belum bisa diputuskan.

Demikian disampaikan Sekretaris DPD Nasdem Kota Ambon, Morist Tamaela pada awak media, akhir pekan kemarin.

Menurutnya, banyak opini yang beredar terkait penurunan suara yang diperoleh partai Nasdem pada pemilu serentak kali ini. Akan tetapi menurutnya, hal tersebut merupakan opini yang keliru, karena sebagai partai besutan Surya Paloh ini, Nasdem bekerja di lapangan berdasarkan data C1 Plano yang dimiliki.

Sehingga dari 90 persen data C1 plano, tiga caleg petahana Nasdem untuk DPRD Kota Ambon yang terbagi pada daerah pemilihan (dapil) Sirimau I, Christian Latumahina, dapil Nusaniwe, Jhon Mainake dan Baguala-Teluk Ambon dirinya sendiri, ada pada posisi aman. Kemudian akan ditambah 1 kursi dari Dapil Sirimau 2.

“Jadi disni kami ingin mengklarifikasi hasil tahapan proses perhitungan suara yang sementara berlangsung di tingkat kecamatan, khusus untuk tingkat DPRD Kota Ambon. Bahwa dari 4 dapil yang ada, Nasdem memperoleh kursi dari masing-masing dapil. Tiga caleg petahana Nasdem semua aman, dan akan ditambah satu kursi dari dapil Sirimau 2,” ujarnya.

Mantan wartawan ini mengakui, khusus Dapil Sirimau 2, pihaknya belum bisa memastikan siapa caleg Nasdem yang akan lolos.

Hal tersebut dikarenakan dari data yang masuk keduanya memiliki selisih yang tidak jauh dan baru 90 persen data yang dikantongi.

Sementara ada selisih jumlah suara pada dua caleg Nasdem yang menguat. Dan salah satu caleg tersebut sudah pasti akan menduduki 1 kursi dari dapil Sirimau sesuai C1 yang dimiliki.

Menurutnya, posisi rating Partai Nasdem sangat aman untuk 4 kursi.
Dengan 4 kursi Tamela sangat optimis, partainya bisa meraih salah satu pucuk pimpinan di DPRD Kota Ambon untuk periode berikutnya.

Ditanya soal penurunan suara di Dapil Sirimau 1 dan Baguala-Teluk Ambon, kata Tamaela memang benar terjadi. Hanya saja, dari total suara yang diraih, suara yang dimiliki caleg Sirimau I dan dirinya dari dapil Teluk Ambon-Baguala, masih tetap aman untuk menghasilkan 2 kursi menuju Balai Rakyat Belakang Soya, Ambon. (SM-10).

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!