Sekilas Info

Kabar Meninggalnya Wakil Bupati Buru Selatan Terpilih Arkilaus Solissa Mengagetkan Bupati Tagop Soulissa

Arkalius Solissa

satumalukuID - Sekda Maluku, Hamin Bin Thahir dan Bupati Buru Selatan Tagop Solissa mengaku kaget setelah mendengar kabar Wakil Bupati (Wabup) terpilih Arikilaus Solissa meninggal dunia di Namrole, Rabu (24/4) dinihari, pukul 02.15 WIT.

"Saya kaget karena saat menghadiri pelantikan Gubernur dan Wagub Maluku hasil Pilkada pada 27 Juni 2018, Murad Ismail - Barnabas Orno oleh Presiden Jokowi ternyata yang bersangkutan tidak kelihatan di Istana Negara," katanya, Rabu malam (24/4).

Sekda yang dipercayakan Mendagri, Tjahjo Kumolo, menjadi Plh Gubernur Maluku pada 12 Maret 2019 itu mengemukakan, seharusnya Arikilaus menghadiri pelantikan Gubernur dan Wagub Maluku periode 2019 - 2024 karena diundang.

"Arikilaus yang dipilih DPRD kabupaten Buru Selatan menjadi Wabup pada 9 April 2019 itu ternyata harus menggantikan Wabup setempat, Ayub Seleky yang juga meninggal pada 19 Januari 2019. Namun, masih proses pelantikan di Kemendagri ternyata sudah meninggal sehingga meninggalkan duka mendalam, baik bagi Pemprov Maluku dan Pemkab maupun masyarakat Buru Selatan," katanya.

Karena itu, Sekda atas nama Pemprov maupun masyarakat Maluku mengucapkan belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya Arikilaus karena sebenarnnya masih memangku jabatan Ketua DPRD kabupaten Buru Selatan.

"Kami berduka karena salah satu putera terbaik Indonesia asal kabupaten Buru Selatan yang siap mendampingi Bupati, Tagop Sudarsono Soulissa ternyata meninggal juga sebelum dilantik," tandasnya.

Data yang dihimpun Antara dari Namrole, Arikilaus sebelum meninggal dalam kapasitasnya sebagai Ketua DPRD Buru Selatan sempat menghadiri pertemuan bersama Wakapolres Buru, Kompol Bachri Hehanussa yang wilayah kerjanya masih meliputi dua kabupaten tersebut.

Almarhum pulang ke rumahnya pukul 24.00 WIT. Namun, pada Rabu (24/4) dinihari, pukul 01.02 WIT merasa pusing di kamarnya dan menyuruh ajudan membeli susu beruang.

Hanya saja, sekembalinya ajudan ke rumah, Arikilaus sudah jatuh ke lantai dari tempat tidurnya dan pukul 02.15 meninggal dunia.

Sementara Bupati Buru Selatan Tagop Soulisa yang pada Rabu (25/4) berada di Jakarta untuk menghadiri pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku terpilih Murad Ismail dan Barnabas Orno juga mengaku kaget dengan berita meninggalnya Wakil Bupati hasil pilihan DPRD tersebut.

Tagop mengaku sempat berkomunikasi lewat telepon pada Selasa tengah malam dengan Arkalius. Saat itu, calon pendampingnya di pemerintahan itu sedang bersama Wakapolres Buru. Mereka membahas tentang kondisi pasca pemungutan suara di daerah tersebut.

"Saya sempat mengingatkan almarhum untuk jaga kesehatan setelah capai menghadapi proses pemilu," ujar Tagop.

Setengah jam setelah berbincang, Tagop yang hendak tidur menerima panggilan telepon yang kemudian mengabarkan Arkalius meninggal dunia. "Saya kaget mendengar kabar tersebut. Makanya, hari Rabu ini langsung balik ke Buru Selatan," timpalnya seraya menambahkan kabar yang dia peroleh jenasah akan dimakamkan pada Jumat (26/4). (m-10/alex sariwating)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!