Sekilas Info

Paduan Terompet dan Pawai Obor Semarakkan Perayaan Paskah di Ambon

satumalukuID -. Suasana semarak iman mewarnai perayaan kebangkitan Yesus Kristus atau dikenal sebagai Hari Raya Paskah di pusat Kota Ambon dan sekitarnya. Umat Kristen di Ambon merayakan dengan melakukan pawai obor dan paduan terompet saat memasuki Hari Minggu pukul  00.00 WIT.

Pantauan lapangan di Jemaat GPM Silo di kawasan Urimesing dan Trikora, anak-anak Sekolah Minggu Tunas Pekabaran Injil (SMTPi) dan warga jemaat remaja juga dewasa dengan obor diiringi paduan terompet melakukan pawai dimulai dari Gereja Silo di kawasan Trikora. Setelah jemaat dari Manggadua bergabung kemudian mengelilingi jalan Diponegoro dan‎ Setia Budi.

Seusai pawai obor dan paduan terompet, anak-anak SMPTI dan warga jemaat remaja dan dewasa kembali bergabung di jalan Diponegoro  kawasan Urimesing untuk melakukan ibadah Paskah Kristus 2019..

Situasi yang sama pun dilakukan warga Jemaat GPM Irene dan Sion yang berada di kawasan Batugajah. Mereka melakukan pawai obor diiringi paduan terompet di jalan Diponegoro, Setia Budi, Valentein dan selanjutnya menuju gereja pusat Maranatha.

Suasana serupa terlihat di jemaat GPM Bethania dan Bethel. Warga di setiap sektor-sektor pelayanan pun melakukan perayaan dengan lantunan lagu-lagu rohani dan tradisi mencari telur Paskah di kawasan sektor masing-masing, termasuk di jemaat Silo yang dipusatkan di kawasan jalan Diponegoro Urimesing.

Selain itu, perayaan Paskah kali ini juga diwarnai pemasangan salib dan lampu hiasan pada beberapa kawasan utama di kota Ambon serta di lingkungan jemaat masing-masing.

Yancy Latuperisa, warga jemaat GPM Silo yang juga adalah Wakil Ketua Panitia Perayaan Paskah Jemaat Silo gabungan beberapa sektor, mengatakan, pihaknya  merayakan Paskah Kristus dengan memasang tenda di jalan utama Ponegoro kawasan Urimesing, setelah pihaknya sudah berkordinasi dan meminta ijin dari pihak berwenang.

"Perayaan Paskah ini gabungan beberapa sektor di jemaat Silo. Kami fokuskan di jalan utama Diponegoro, supaya mudah dijangkau oleh warga jemaat. Ini setelah kami sudah berkordinasi dengan pihak berwenang baik kepolisian maupun dinas perhubungan, termasuk dengan basudara muslim di sekitar jemaat Silo," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu majelis jemaat GPM Sejahtera Desa Poka kecamatan Teluk Ambon(, Ny Neny. MP, juga mengungkapkan warga jemaat nya melakukan perayaan dan prosesi Paskah Kristus 2019 yang sama dengan jemaat-jemaat lainnya di kota Ambon dan sekitarnya.

"Pukul 02.00 WIT Minggu dinihari, jemaat Sejahtera Poka juga memulai perayaan dan ibadah Paskah Kristus di kawasan Poka dan Unpatti sekitarnya," ungkapnya. (SM-05)‎

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!