Sekilas Info

Gubenur dan Wagub Maluku Terpilih akan Dilantik 24 April 2019

Tradisi Kirab pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih di Istana Negara. (foto: Setkab RI)

satumalukuID - Setelah sempat mengalami penundaan pelantikan pada 11 Maret 2019 lalu saat berakhirnya masa jabatan Said Assagaff dan Zeth Sahuburua, akhirnya Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku terpilih Murad Ismail – Barnabas Orno dijadwalkan akan dilantik pada Rabu 24 April 2019 di istana negara Jakarta.

Kepastian pelantikan duet Murad - Orno yang dikenal saat kampanye dengan sebutan pasangan BAILEO ini, setelah Pemerintah Provinsi Maluku menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang ditandatangani Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Otonomi Daerah Drs Akmal Malik MSi atas nama Mendagri, tertanggal 18 April 2019.

Inti surat tersebut yang berklasifikasi SANGAT SEGERA dengan Nomor: T/005/2363/OTDA itu meminta kehadiran PLH Gubernur Maluku dan staf untuk melaksanakan rapat persiapan pelantikan pada Senin 22 April 2019 bertempat di Kemsesneg pukul 11.00 WIB.

Dalam surat Kemendagri yang juga diterima Suara Maluku itu, menyebutkan para pejabat Pemprov Maluku yang diundang untuk menghadiri rapat persiapan pelantikan itu diantaranya Sekda Maluku, Karo Pemerintahan, Karo Umum, Karo Humas dan Protokol, serta Kepala Kantor Penghubung Pemprov Maluku di Jakarta.

Kepala Bagian Humas Pemprov Maluku, Bobby Palapia SH, yang dihubungi tadi pagi soal surat persiapan pelantikan gubernur dan wagub terpilih tersebut, mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi itu dan Pemprov Maluku sudah berkordinasi untuk rapat persiapan Murad Ismail dan Barnabas Orno.

"Iya. Saya memang sudah mendapatkan info adanya surat dari Kemendagri. Jadi sedang dikordinasikan bersama pimpinan dan pak PLH Gubernur untuk hadiri rapat persiapan pelantikan gubernur dan wagub terpilih di Jakarta," ujar Palapia, sambil berjanji akan memberikan info selengkapnya setelah hasil kordinasi.

Secara terpisah, Ketua Tim Relawan Pemenangan BAILEO, Sam Latuconsina yang juga mantan Wakil Walikota Ambon saat dikonfirmasi hari ini, membenarkan informasi pelantikan gubernur dan wagub Maluku periode 2019 – 2024 tersebut.

“Ya benar. Sesuai surat Kemendagri iru, jadwal pelantikannya pada Rabu 24 April 2019. Untuk itu, nanti Senin 22 April 2019 akan dilakukan rapat persiapan di Kemensesneg,” ujar Latuconsina yang juga mantan Ketua KNPI Maluku.

Sebagaimana diketahui, Murad Ismail adalah purnawirawan jenderal polisi berbintang dua yang pernah menjabat Kapolda Maluku dan terakhir menjabat Komandan Korps Brimob Mabes Polri.

Sedangkan Barnabas Orno adalah mantan Wakil Bupati Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) yang kini sudah berubah nama menjadi Kabupaten Kepulauan Tanimbar serta kini masih menjabat Bupati Maluku Barat Daya (MBD). (novi pinontoan)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!