Sekilas Info

Perolehan Suara Jokowi-Ma’ruf Amin Kalah dari Prabowo-Sandi di TPS Gubernur Maluku Utara

Suasana penghitungan surat suara di TPS 05 Kelurahan Sangaji, tempat Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba menyalurkan hak pilihnya di pemilu 17 April 2019 (Abdul Fatah)

satumalukuID - Pasangan calon Presiden/Wakil Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) kalah dalam perolehan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tempat Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba yang juga Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf melakukan pencoblosan.

Di TPS 05 Kelurahan Sangaji Kota Ternate Utara itu, sesuai pantauan Antara, Rabu Sore, pasangan Jokowi-Ma’ruf hanya meraih 63 suara, sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno meraih 134 suara.

Begitu pula, di TPS tempat Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman yang juga Ketua TKD Jokowi-Ma’ruf di Kota Ternate, pasangan nomor urut 01 hanya meraih 85 suara, sedangkan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga meraih 147 suara.

Kedua Dewan Pengarah TKD Jokowi-Ma’ruf, Abdul Gani Kasuba ketika dikonfirmasi menyatakan, ini adalah pesta demokrasi dan semua adalah pilihan rakyat harus dihormati, meskipun di TPS-nya kalah.

Akan tetapi, keberhasilan Jokowi selama menjadi Presiden telah terbukti dengan membangun jalan di Halmahera, yang dianggarkan dari APBN sudah selesai dan itu harus di jaga, karena pembangunan yang ada di Malut, kebanyakan dari masa kepemimpinan Jokowi, bukan di masa kepemimpinan presiden sebelumnya.

"Kalau Jokowi tidak menang dalam pemilihan tahun ini, berarti pembangunan yang ada di Malut tidak bisa dilanjutkan lagi, karena anggaran untuk pembangunan di Malut itu kebanyakan dari Jokowi," ujarnya.

Sementara itu, dalam penghitungan di tingkat TPS, menunjukkan Pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno meraih suara terbanyak dalam penghitungan suara di sebagian besar TPS di Kota Ternate yang telah menyelesaikan penghitungan suara untuk capres/cawapres.

Di TPS 012 Kelurahan Kalumpang Ternate Tengah misalnya sesuai pemantauan Antara, Rabu sore menunjukkan pasangan nomor urut 02 itu meraih suara 112 dan pasangan nomor 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin 62 suara.

Begitu pula di TPS 11 Tanah Masjid pasangan nomor 02 unggul 100 suara sementara nomor 01 hanya 51 suara dan TPS 02 Kelurahan Kayu Merah, Ternate Selatan nomor 02 sebanyak 114 suara dan nomor urut 01 sebanyak 64 suara. (abdul fatah/ant)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!