Sekilas Info

Ikatan Arsitek Indonesia Maluku Gelar Lomba Fotografi Arsitektur

satumalukuID - Guna mempromosikan budaya dan karakteristik wilayah yang unik yang dimiliki Provinsi Maluku, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Maluku menggelar kegiatan Lomba Fotografi Arsitektur Maluku yang diselenggarakan pada Senin (15/4) hingga Jumat (19/4), dengan total hadiah sebesar Rp4.250.000.

"Objek foto adalah karya arsitektur, baik tradisional ataupun modern, dapat berupa karya interior, eksterior, detail bangunan hingga penataan kota di dalam wilayah Provinsi Maluku," ujar Aty Tuanaya selaku Ketua IAI Maluku dalam keterangan persnya, Senin (15/4).

Menurut Aty, ajang lomba berskala lokal ini berkaitan dengan tujuan IAI Maluku yaitu mempromosikan Arsitektur Maluku dan dalam rangka ulang tahun IAI Daerah Maluku yang ke-2 serta penyelenggaraan kegiatan Penataran Kode Etik untuk merekrut anggota IAI Maluku yang baru.

"Rentetan acara ini diselenggarakan juga bertujuan untuk menyampaikan kepada masyarakat akan pentingnya Identitas Budaya Lokal salah satunya yaitu Identitas Arsitektur Maluku sebagai ciri utama daerah Maluku," terangnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, Provinsi Maluku merupakan daerah dengan karakteristik seni budaya yang beragam dan wilayah geografis kepulauan yang mempunyai potensi besar untuk dimanfaatkan dan diperkenalkan secara maksimal, hal ini berdampak langsung pada peningkatan perekonomian daerah dan kesejahteraan kehidupan masyarakat Maluku.

Begitu besar potensi yang dimiliki Maluku, kata Aty, sayangnya kurang diimbangi dengan pembangunan infrastruktur yang sesuai dengan karakteristik seni, budaya dan wilayah geografis yang dimiliki serta kurang adanya kampanye atau kegiatan yang dilakukan untuk mempromosikan potensi tersebut.

"Saat ini perlu adanya penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang masif dalam rangka mempromosikan budaya dan karakteristik wilayah yang dimiliki Provinsi Maluku, untuk itu Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Maluku ingin merealisasikan hal tersebut dari sisi arsitektural lewat lomba foto arsitektur ini," ungkapnya.

Menyinggung aspek teknis lomba foto, Aty menjelaskan, kriterianya tidak beda dengan lomba foto pada umumnya, yakni, foto peserta lomba, belum pernah diikutkan dalam lomba foto manapun, dengan editing foto terbatas hanya pada brightness, contrast, level, dan cropping.

"Foto yang diikutkan di lomba, adalah karya yang dihasilkan setahun terakhir dari tanggal 19 April 2018 hingga 19 April 2019. Foto paling lambat diterima tanggal 19 April 2019. Karya foto dikirim via email ke iaimaluku@gmail.com dilengkapi dengan nama, nomor kontak dan lokasi pengambilan foto, Foto yang dilombakan juga diunggah ke dalam akun instagram pribadi dengan menyertakan #LombaFotografiArsit­­ektur #IAIMaluku (IG tidak di-private)," bebernya.

Setiap peserta, menurut Aty, dapat mengirimkan karya fotonya maksimal 3 (tiga) karya foto, foto dalam format JPEG dengan ukuran min 3 MB, foto yang dikirim adalah karya sendiri yang akan divalidasi dari data EXIF file JPEG.

"Foto terbaik akan dipamerkan di lobby Dinas Pekerjaan Umum dan Perahan Rakyat (PUPR) Provinsi Maluku," pungkasnya. (MG-02).

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!