Sekilas Info

Komunitas Moluccas Coastal Care akan Menggelar Pameran Kalesang Pesisir Maluku untuk Anak Usia Dini

Arsip Foto. Beberapa siswa bermain ular tangga tema lingkungan hidup saat berkunjung pada pameran kehutanan dan lingkungan hidup 2019 di Celebes Convention Center (CCC) Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (4/4/2019). (ANTARA FOTO/ABRIAWAN ABHE)

satumalukuID - Komunitas peduli lingkungan di Ambon, Moluccas Coastal Care (MCC), akan menggelar pameran lingkungan bertajuk Kalesang Pesisir Maluku untuk mengedukasi anak-anak usia dini menjaga alam agar tetap lestari.

Penyelenggaraan pameran yang dijadwalkan berlangsung di Dapur Liang Raya, Desa Hative Kecil, Kecamatan Teluk Ambon, 13 April 2019, tersebut akan melibatkan Pusat Penelitian Laut Dalam - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2LD-LIPI)

"Pamerannya ditargetkan untuk anak usia dini, level PAUD dan SD kelas 1. Sebelumnya kegiatan kami selalu untuk orang dewasa, tapi kami pikir anak-anak usia dini juga harus diedukasi pentingnya menjaga lingkungan mereka," kata Ketua MCC Teria Latuheru di Ambon, Senin.

"Kami belajar dari Taiwan, mengubah cara berpikir untuk menjaga lingkungan harus dimulai dari anak-anak. Kami berharap setelah datang ke pameran kami, anak-anak juga mulai tergerak memperhatikan lingkungan mereka," ia menambahkan.

Kalesang Pesisir Maluku akan memamerkan foto-foto serta menyajikan informasi terkini mengenai kondisi kawasan pesisir di Ambon dan aneka kegiatan bagi anak, termasuk mewarnai sketsa biota laut.

"Foto-foto yang akan dipamerkan berasal dari komunitas fotografi Baronda Ambon, sedangkan data dan informasi mengenai kawasan pesisir dari LIPI yang memang juga concern pada penyelamatan kawasan pesisir," kata Teria.

"Di pameran itu nantinya anak-anak akan belajar banyak hal menarik tentang lingkungan, mereka juga akan mewarnai hewan-hewan laut yang terluka karena sampah, seperti paus yang mati karena memakan sampah," ia menambahkan.

Ia menambahkan penyelenggara pameran juga melibatkan komunitas seperti Moluccas Basket Ball Club (MBC), Baronda Ambon dan Kanvas Alifuru, serta para sarjana perikanan dan ilmu kelautan yang menjadi sukarelawan untuk mendampingi anak-anak pengunjung pameran. (Shariva Alaidrus)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!