Sekilas Info

Sukseskan Partisipasi Pemilih, KPU Buru Selatan Gelar “Pemilu Run” 2019

satumalukuID- Dalam rangka sukses Pemilu serentak 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menggelar Pemilu Run, kegiatan tersebut berlangsung di depan Kantor Bupati di Namrole, Sabtu (6/4).

Dalam kegiatan Pemilu Run yang dilaksanakan oleh KPU secara nasional termasuk KPU Buru Selatan dan KPU Provinsi Maluku di Kota Ambon, selain dilakukan jalan sehat, ada beberapa perlombaan yang dilaksanakan yakni lomba lari sejauh 5 KM bagi pemilih pemula dan umum serta lomba lari karung yang diikuti oleh pemilih perempuan.

Tak hanya itu masyarakat Bursel juga dihibur senam aerobik bersama Instruktur Zin Heny Zaiman dan dibanjiri dengan doorprize dengan berbagai hadiah-hadiah yang menarik, di antaranya ada kulas, TV, sepeda, hendphone dan hadiah menarik lainya.

Masyarakat Kota Namrole terlihat antusias mendukung kegiatan ini, terlihat dari jumlah paserta yang mengikuti kegiatan ini bukan saja masyarakat biasa tetapi dari pegawai swasta dan para ibu persit dan bhayangkara juga ikut.

Pj Sekda Bursel AM. Laitupa saat membuka acara dimaksud mengingatkan sekaligus menghimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga ketertiban dan keamanan menjelang tanggal 17 April nanti.

"Jangan lupa tanggal 17 nanti ikut pemilu, pilih sesuai hati nurani kita, dan selalu menjaga ketertiban dan keamanan sehingga Pemilu 2019 ini berjalan sukses," harap Laitupa.

Sementara Ketua KPU, Syarif Mahulauw dalam sambutan singkatnya juga berharap khususnya kepada pemilih pemula agar dapat menggunakan hak pilihnya dan jangan golput.

Mahulauw menghimbau bagi masyarakat yang belum terdaftar dalam DPT atau tidak mendapat undangan dapat menggunakan kartu tanda penduduk setempat untuk melaporkan ke petugas pengawas saat pencoblosan.

Dia mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari suksesi pemilu tahun 2019. Sama halnya dengan kegiatan pentas seni dan dilanjutkan dengan konser musik yang dilakukan beberpa waktu lalu.

"Atas nama KPU saya berterima kasih atas partisipasi dari masyarakat Bursel yang sudah sama-sama dengan pihak KPU dalam meramaikan acara ini," ujarnya.

Dikatakan, inti dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Bursel adalah mensukseskan pemilu serentak pada tanggal 17 April tahun 2019, dimana pada pemilu tersebut masyarakat akan memilih Presiden dan Wakil Presiden serta para anggota Legislatif dari tingkat DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota untuk lima tahun ke depan.

“Perlu kami sampaikan bahwa yang menggunakan hak pilih di Pemilu serentak 17 April nanti adalah warga masyarakat yang telah berusia tujuh belas tahun dan kemudian telah terdaftar di dafatar pemilih tetap atau DPT sesuai alamat KTP Elektronik,” ujarnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan penarikan undian berhadiah dan penyerahan piala lomba lari dan lompat karung. (BS-01)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!