Sekilas Info

RSUD dr. PP Magretty Saumlaki Kepulauan Tanimbar Pasang Target Tahun 2020 Terakreditasi Type C

Ruang perawatan di RSUD dr. PP Magrety, Saumlaki.

satumalukuID - RSUD dr. PP Magretty Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar menargetkan akreditasi rumah sakit tipe C pada 2020 . Saat ini rumah sakit tersebut berupaya memenuhi 15 standar nasional akreditasi rumah sakit.

"Kami berharap tahun 2020 sudah bisa jadi rumah sakit tipe C," kata Direktur RSUD dr. PP Magretty Saumlaki dr. Lucia Felenditi saat dihubungi dari Ambon, Jumat (5/7).

Dia mengatakan15 standar nasional akreditasi rumah sakit sebagai penilaian yang harus dipenuhi antara lain adalah pelayanan pasien, pelayanan anestesi dan bedah, manajemen penggunaan obat, dan manajemen komunikasi dan informasi.

Kendati terbilang banyak yang harus disiapkan untuk memenuhi 15 standar penilaian tersebut, dr. Lucia yakin pihaknya mampu memenuhi keseluruhan standar penilaian.

"Kami tetap akan berusaha memenuhi 15 standar atau paling tidak minimal 12 standar penilaian akreditasi untuk program akreditasi tipe C pada 2020," ucapnya.

Menurut dia, RSUD dr. PP Magretty pertama kali mengikuti program akreditasi pada pada Desember 2017, melalui program khusus perdana satu bintang rumah sakit tipe D dengan empat standar nasional akreditasi rumah sakit.

Setahun berikutnya, karena tidak mendapatkan petugas survei, verifikasi kedua yang seharusnya dilakukan pada Desember 2018 baru bisa dilakukan pada Februari 2019. Dalam rentang satu tahun, RSUD dr. PP Magretty berhasil memenuhi enam standar penilaian lainnya.

"Saat ini sudah memenuhi 10 standar penilaian," ujarnya.

Meski tenaga kesehatan dan ada fasilitas yang kurang, dr. Lucia mengatakan pihaknya tetap berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat semaksimal mungkin.

Saat ini RSUD dr. PP Magretty memiliki dua dokter spesialis kandungan dan bedah, satu dokter penyakit dalam, dan dua dokter spesialis lainnya yang dijadwalkan akan mulai bertugas pada pertengahan April nanti.

Selain itu, RSUD dr. PP Magretty juga akan segera melakukan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding - MoU) dengan spesialis mata dr. Elna Anakotta dari RSUD dr. M. Haulussy Ambon untuk penanganan kesehatan mata di Kepulauan Tanimbar.

"Menurut Kemekes standar untuk rumah sakit tipe C, harus ada 100 tempat tidur, tapi saya dengar informasi terbaru selama ada dokter spesialis penyakit dasar, masing-masing dua orang ditambah dengan spesialis penunjang lainnya maka sudah bisa mencukupi untuk maju menjadi tipe C," ucap dr. Lucia. (m-15/Shariva Alaidrus)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!