Sekilas Info

Dubes AS Kunjungi Museum Perang Dunia II di Morotai

Dubes AS untuk Indonesia Donovan Jr mengunjungi Museum Perang Dunia II di Kabupaten Pulau Morotai, Senin (1/4/2019). Foto Dok USAID SEA

satumalukuID - Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr mengunjungi Museum Perang Dunia (PD) II di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), Senin (1/4), dalam momentum peringatan 70 tahun kemitraan AS dan Indonesia.

"Saya hadir ke Pulau Morotai selain memeringati dan mengenang pertempuran 75 tahun lalu, AS dan Morotai memiliki ikatan erat dan Museum PD, tepatnya 15 September tahun 1944, Sekutu mendirikan landasan Daruba yang dipimpin Jenderal Mc Arthur," kata Dubes AS, Joseph R Donovan saat menggelar konferensi pers di Morotai.

Menurut Dubes, Negara AS memiliki sejarah panjang dengan Kabupaten Pulau Morotai, karena daerah itu merupakan pangkalan perang pasukan Sekutu saat PD II.

Sebab, pihaknya belajar banyak soal mengenang pertempuran penting dan berakhirnya Perang Dunia II, termasuk Indonesia merdeka, sehingga bangga atas kemitraan dan tujuan bersama, sangat berkesan dan lebih memahami sejarah yang dimiliki bersama.

"Ini bukan saja sejarah, tapi kunjungan ini melihat kawasan perikanan yang dilindungi dan mendukung industri pariwisata, hubungan kerja sama yang erat dengan indonesia, program di bidang lingkungan, sanitasi dan perikanan, akan membangun pariwisata dan di bidang perbaharui," kata Dubes Joseph R. Donovan Jr saat didampingi Wakil Gubernur Malut Muhammad Natsir Thaib dan Bupati Pulau Morotai Benny Laos.

Oleh karena itu, kata Dubes, dalam konservasi kelautan dan pengelolaan perikanan berkelanjutan di Malut, bersama Pemkab Morotai,

Selain mengunjungi Museum Perang Dunia II, Dubes Donovan juga dijadwalkan mengunjungi SKPT serta pabrik pemprosesan Tuna di Morotai.

Dalam kunjungannya selama tiga hari di Morotai, Dubes merayakan Peringatan 70 tahun Kemitraan antara Pemerintah AS dan Indonesia dalam Konservasi Kelautan dan Pengelolaan Perikanan berkelanjutan di Malut dikemas dalam satu rangkaian kegiatan di Morotai, termasuk di dalamnya mendeklarasikan pencadangan Kawasan Konservasi Perairan (KKP) di Malut yang dokumennya telah ditandatangani oleh Gubernur Malut. (abdul fatah)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!