Sekilas Info

Antisipasi Bentrok, Polsek dan Koramil Berdialog dengan Tokoh Masyarakat di OSM Ambon

Patroli gabungan TNI dan polisi mengamankan wilayah Kudamati dan OSM Ambon

satumalukuID - Mengantisipasi bentrok yang terjadi antara dua kelompok warga di Kudamati, serta mencegah gangguan keamanan dan ketertiban jelang pemilihan Presiden serta legislatif maka Polsek Nusaniwe bersama Koramil Nusaniwe Kota Ambon mengadakan pertemuan dengan sejumlah tokoh di lingkungan Asmil Kodam XVI/Pattimura OSM pada Minggu (24/3).

Pertemuan yang digagas Kapolsek Nusaniwe Iptu Pieter Matahelumual dan Danramil Nusaniwe Kapten Infanteri Dede Ruhiat di hadiri oleh tokoh pemuda, RT setempat, tokoh agama.

Dalam pertemuan tersebut sejumlah tokoh menyampaikan masukan agar masalah penyebab bentrokan bisa terurai.

"Pertemuan ini kita dengar saran pendapat dari masyarakat, banyak masyarakat yang mengatakan agar sosialisasi rutin dilaksanakan, tidak membiarkan masalah ini terkatung-katung hingga menimbulkan korban jiwa. Serta ada juga yang meminta pihak keamanan menghargai perangkat RT, sehingga jika ingin melakukan penangkapan harusnya ada koordinasi dengan perangkat RT dimaksud," jelas Danramil Nusaniwe Dede Ruhiat kepada wartawan di Ambon, Selasa (26/3).

Dari hasil pertemuan tersebut disepakati akan dilakukan patroli gabungan secara rutin untuk membubarkan kelompok massa yang berkumpul di waktu tengah malam. Dirinya juga meminta sikap pro aktif dari tokoh masyarakat mauoun tokoh pemuda dalam memberikan pengawasan kepada warga di wilayah sekitar.

"Sebenarnya sangat disesalkan kejadian yang berulang terjadi apalagi lokasinya berada di asrama militer yang dihuni oleh TNI AD aktif.

Dalam hal ini, dibutuhkan kesadaran juga dari masyarakat setempat karena situasi aman atau kacau tergantung keinginan dari masyarakat setempat. "Kalau dari kita patroli gabungan akan terus dilakukan kepolisian dan TNI dan akan melakukan tindakan tegas yaitu melakukan penangkapan biarpun pelaku tersebut merupakan anak anggota TNI yang ada di asrama," tegasnya.

Di tempat berbeda , Wakapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease Kompol Ferry M Sunaryo kepada wartawan di Mapolres Ambon Selasa (26/3) mengatakan kedua pelaku yang diamankan kini ditangani Unit Reskrim Pulau Ambon.

Namun melihat keduanya masih di bawah umur, maka penyidik menyerahkan keduanya ke Panti Sosial Bina Remaja Hiti-hiti Hala-hala, Passo kecamatan Baguala kota Ambon.

"Perkaranya masih jalan, masih dalam penyelidikan, tapi melihat keduanya anak dibawah umur maka kita titipkan di pembinaan anak," tambah Sunaryo. (MG-01)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!