Sekilas Info

Festival Maluku Mural 2019 Digelar di SMA Kristen YPKPM Ambon

satumalukuID - SMA Kristen YPKPM Ambon menjadi tuan rumah pelaksanaan Festival Melukis Mural Kota Ambon yang berlangsung selama 3 hari, mulai Senin (25/3).

Kegiatan ini dibuka oleh Plh Gubernur Maluku yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Maluku bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Drs. A. Halim Daties MM.

Kepala SMA Kristen YPKPM Ambon Dra E Laturiuw, M.Si selaku tuan rumah penyelenggara kegiatan ini menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh atas terselenggaranya kegiatan ini.

Sekolahnya, kata dia, karena Maluku Mural Festival merupakan bagian dari Pengembangan Pendidikan karakter yaitu harmonisasi olah rasa, olah hati. olah pikir dan olah raga yg di tuangkan dalam bentuk lukisan mural.

Dia berharap nantinya Lokasi sekolah dapat dijadikan Wisata Budaya dan sebagai Sumber Belajar. Selain itu juga dapat menarik para wisatawan ditambah dengan program peemrintah Ambon City Of Music bersama dengan lukisan-lukisan di sepanjang jalan urimesing akan memberi nilai tambah.

Ditambahkan juga pihak sekolah akan bekerjasama dengan para pelukis, sekiranya selesai melukis di halaman depan sekolah, bersama dengan peserta didik yang mempunyai bakat di bidang melukis untuk melukis dinding sekolah agar terlihat jelas Lingkungab sekolah berbasis teks.

Hal yang sama disampaikan juga oleh Staf Ahli Gubernur Maluku bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Bapak Drs.A.Halim.

“Kegiatan ini saya anggap penting dan memiliki makna strategis karena berfungsi sebagai media menyuarakan atau menyebarluaskan isu sosial Budaya di Maluku dalam kerangka penegakan dan pemajuan Hak Asasi Manusia berbasis seni rupa," ujarnya.

Kegiatan ini juga memberi kesempatan pemural untuk berkarya dan berkontribusi, baik secara individu maupun bersama-sama, dalam upaya menjaga dan memelihara warisan Budaya dan keraifan lokal di Maluku dari generasi ke generasi melalui karya seni visual yang nyata dan berklanjutan.

Lebih lanjut dikatakan, Maluku Mural Festival 2019 adalah festival mural kedua yang diadakan oleh pemerintah provinsi Maluku sebagai kelanjutan dari Maluku Mural Festival, yang diharapkan dapat terselenggarakan secara rutin atas inisiatif seluruh OPD yang tugas dan fungsinya terkait dengan urusan kepariwisataan, pendidikan dan kebudayaan serta kepemudaan. (m-10)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!