Sekilas Info

71 Orang Mendaftar ke Pemkot Ambon untuk Seleksi Perawat ke Australia, Kuota Yang Dibutuhkan 30

satumalukuID - Tawaran untuk bekerja menjadi tenaga perawat kaum lansia di Australia cukup diminati para pencari kerja di Ambon. Sejak proses rekrutmen dibuka, yakni mulai 13 Maret hingga 24 Maret 2019, jumlah pendaftar telah mencapai 71 orang dari kuota 30 orang yang dibutuhkan.

Rekrutmen tenaga perawat kali ini merupakan kerja sama Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku dengan lembaga Global Labour Solution Australia.

"Sampai batas waktu penutupan rekrutmen 24 Maret 2019 tercatat sebanyak 71 orang mendaftar untuk menjadi tenaga perawat lansia," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon, Godlief Isak Soplanit, Senin (25/3).

Dia mengatakan, tenaga perawat yang dibutuhkan untuk bekerja di panti jompo sebanyak 30 orang, yakni 25 di antaranya dibiayai Pemkot Ambon dan lima lainnya disubsidi pemerintah Australia.

Pihaknya, kata Godlief, bertugas untuk melakukan persiapan awal yakni pendaftaran tenga kerja, setelah tim datang akan dilakukan sosialisasi dan seleksi akhir. "Seleksi akhir akan dilakukan tim dari Australia, kita hanya melakukan rekrutmen tenaga kerja dengan jumlah tenaga yang dibutuhkan 25 orang yang dibiayai pemda 5 orang lainnya disubsidi australia, jadi total 30 orang," ujarnya.

Godlief menjelaskan, 71 tenaga yang mendaftar merupakan warga kota Ambon yang dibuktikan dengan KTP, sedangkan yang bukan warga kota Ambon wajib melampirkan surat keterangan domisili.

Sejumlah syarat telah ditetapkan bagi para pelamar yakni Sarjana Strata Satu (S1) atau Diploma Tiga (D3) kesehatan, fasih berbahasa Inggris disertai toefel 500 poin, serta keterampilan kerja bidang kesehatan.

Seleksi ini juga memperhatikan sejumlah kriteria diantaranya pengalaman kerja, kejiwaan dan kesehatan calon pekerja.

"Seluruh kriteria menjadi perhatian pemerintah Kota Ambon, agar tenaga kerja asal Ambon yang disiapkan berkualitas," tandasnya.

Kerjasama ini merupakan tindaklanjut penandatanganan kesepakatan awal atau Letter of Intent (LoI) kerjasama di bidang vokasi antara Pemkot Ambon dengan (VETEA) di Adelaide, Australia, November 2018.

Kerjasama Pemkot Ambon dengan VETEA penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama di sektor tenaga kerja. (penina f mayaut)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!