Sekilas Info

Semester II 2018 Bertambah 8.983 Jiwa, BKKBN Maluku Bertekad Tingkatkan Kualitas Penduduk

satumalukuID - Program Kependudukan, Keluarg­a Berencana dan Pembangunan Keluarga di Provinsi Maluku tahun 2019 ini, merupakan salah satu langkah strategis dalam rangka mewujudkan sinergitas dan sinkronisasi arah kebijakan pembangunan bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana.

Hal tersebut disampaikan Plh Gubernur Maluku, Hamin Bin Taher pada Acara Rapat Kerja Daerah Program Kependudukan, Keluarg­a Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), di Hotel Santika Premire Ambon, Rabu (20/3).

Lebih lanjut Bin Taher mengatakan, ”Sesuai mandat yang diberikan negara BKKBN melalui UU No 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, maka BKKBN Provinsi Maluku bertanggung jawab meningkatkan kualitas keluarga di Provinsi yang kita cintai ini,” katanya.

Penduduk Maluku pada semester I per Juni 2018 sebesar 1.838.114 jiwa, semester II sebesar 1.847.097 jiwa atau bertambah sebesar 8.983 jiwa, itu berarti Maluku turut memberikan kontribusi terhadap laju pertumbuhan penduduk di Indonesia secara signifikan.

Sementara itu di acara yang sama, Plt Kepala BKKBN Provinsi Maluku Dra Renta Rego dalam sambutannya lebih menyoroti 8 fungsi yang mana BKKBN telah memilki program disetiap tahapan kehidupan sejak 1.000 hari pertama kehidupan remaja, berkeluarga hingga lansia.

“Program tahapan kehidupan ini ada dalam layanan publik berupa pusat pelayanan keluarga sejahtera. Maka Indeks Pembangunan Keluarga (IPK) akan menjadi parameter ketahanan dan kesejahteraan keluarga Indonesia dan terutama di Provinsi Maluku,” jelas Renta Rego.

Untuk menjaga kesinambungan program KKBPK maka, BKKBN telah mengalih statuskan 15.137 tenaga PKB/PLKB dari ASN daerah menjadi ASN pusat, sedangkan untuk Provinsi Maluku sebanyak 108 orang. Dengan rasio 1 : 6, keterlibatan masyarakat pedesaan dan perkotaan dinilai strategis.

“Untuk itu saya berharap kita semua dapat bekerja sama dalam upaya peningkatan kualitas penduduk terutama di Provinsi Maluku sesuai arahan pembangunan yang mana BKKBN merupakan salah satu Kementerian/Lembaga yang turut pada upaya pencapaian agenda prioritas pembagunan (nawacita),” tandas Renta Rengo. (SM-10).

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!