Sekilas Info

Dua Granat Aktif Ditemukan di Negeri Liang Maluku Tengah

satumalukuID - Dua buah granat aktif di Negeri Liang kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah yang ditemukan dan gegerkan warga kini sementara ditangani Unit Gegana Polda Maluku yang melakukan penguraian.

"Dua buah bahan peledak tersebut sudah diamankan di satuan Brimob Polda Maluku untuk dilakukan penguraian guna memastikan bahan peledak tersebut dalam keadan aktif atau tidak," ujar Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease Ipda Julkisno Kaisupy kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (20/3).

Menurut Kaisupy, bahan dua buah granat yang ditemukan warga diduga merupakan peninggalan konflik Ambon silam yang ditanam.

Dijelaskan, granat tersebut pertama kali ditemukan oleh Ismail Lessy (70) warga Dusun Tanjung, Negeri Liang, pada Selasa (19/3) sekitar pukul 17.00 WIT saat dirinya selesai melaut.

"Saksi ini nelayan, ketika pulang melaut dirinya menemukan dua benda yang tertanam didalam pasir dan sudah berkarat, setelah diperiksa ternyata benda tersebut adalah peledak yang diduga granat," jelas Kaisupy.

Mengetaui temuan tersebut saksi kemudian menuju ke dalam kampung Liang guna memberitahukan warga akan temuannya tersebut.

Warga kemudian melaporkan temuan tersebut ke Polsek Salahutu, berselang beberapa menit Polsek Salahutu tiba di lokasi untuk melihat temuan tersebut.

"Warga melapor ke Polsek Salahutu selanjutnya anggota turun untuk mengecek temuan dan menghubungi tim gegana Polda," ujarnya.

Tak lama kemudian sekitar pukul 18.00 WIT tim Jihandat satuan Brimob Polda Maluku melakukan evakuasi dua benda yang di duga bom tersebut. (MG-01)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!