Sekilas Info

Kasus Narkoba, Dua Oknum BNN Provinsi Maluku Dituntut 3,5 Tahun Penjara

satumalukuID - Dua oknum anggota Badan Narkoba Nasional Provinsi (BNNP) Maluku yakni Andre Leatemia dan Alfred Tuhumury dituntut penjara 3,5 tahun. Keduanya saat ini menjadi terdakwa kasus narkoba golongan satu jenis sabu yang sedang diadili di Pengadilan Negeri Ambon.

"Meminta majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini menyatakan terdakwa bersalah melanggar pasal 127 Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika," kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Ambon, Senin.

Tuntutan JPU disampaikan dalam persidangan dipimpin ketua majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon, Lucky Rombot Kalalo didampingi Philip Panggalila dan Hamzah Kailul selaku hakim anggota.

Yang memberatkan terdakwa dituntut penjara karena mereka adalah anggota BNNP dan seharusnya membantu program pemerintah dalam memberantas narkoba, sedangkan yang meringankan adalah terdakwa bersikap sopan, memiliki tanggungan keluarga, dan belum pernah dihukum.

Baca Juga:  5 Terdakwa Anggota BNNP Buka-bukaan Ulah Oknum di Ditnarkoba Polda Maluku

Terdakwa Andre dan Alfred awalnya ditangkap bersama Ronaldo Lekahena oleh tim gabungan BNNP Maluku bersama Ditresnarkoba Polda Maluku pada tanggal 5 Agustus 2018 lalu atas laporan seorang informan.

Ronaldo Lekahena sendiri diproses hukum dalam berkas terpisah dan sudah dijatuhi vonis lima tahun penjara oleh majelis hakim PN Ambon, sedangkan JPU Kejari Ambon Ingrid Laouhenapessy sebelumnya menuntut terdakwa selama enam tahun penjara. (Daniel Leonard/ant)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!