Sekilas Info

Guru di Kabupaten Maluku Tenggara 1.306 Orang, Bupati: Harusnya Merata di Kei Kecil dan Kei Besar

Foto ilustrasi ASN Pemkab Maluku Tenggara

satumalukuID – Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun menjelaskan total jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah tersebut berjumlah 3.162 orang. Rinciannya guru sebanyak 1.306 orang, tenaga kesehatan 564 orang dan tenaga strategis 1.292 orang.

Melihat jumlah tersebut khususnya guru, maka sebenarnya tenaga pendidik di daerah ini tidak kurang. "Apa yang sebenarnya salah, karena kita memiliki jumlah dan SDM yang layak,” kata Bupati Hanubun ketika memimpin apel besar ASN se-Kabupaten Malra di stadion Maren Langgur, Senin (18/3).

Hadir pada acara tersebut Pj. Sekda M. Teslatu, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Pimpinan OPD, dan ASN Lingkup Pemda Maluku Tenggara.

Bupati Hanubun kemudian mencontohkan ketika rangkaian kerja di Kei Besar beberapa waktu lalu, di Ohoi Yamtel tenaga guru ASN di Ohoi tersebut hanya dua orang. “Sedangkan yang lainnya hanya guru Honorer yang dibiayai oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan Dana BOS," terangnya.

Sehubungan dengan itu, Kepala Dinas Pendidikan harus melakukan pemerataan ASN terutama tenaga guru baik di Kei Besar maupun di Kei Kecil.

Bupati juga berjanji memperbaiki kesejahteraan ASN setelah perampingan di beberapa OPD, dan membahas masalah insentif pegawai, tunjangan kinerja daerah, uang makan pegawai dan rencana lima hari kerja.

"Sedangkan terkait tenaga honor, dimana saat ini yang kita utamakan adalah petugas kebersihan, tenaga medis dan guru, kita alokasikan anggaran secukupnya," ujarnya. (m-10/jimmy ayal/ant)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!