Sekilas Info

Studi Banding di Bandung, Rombongan DPRD Ambon Pelajari Ranperda Kota Kreatif Berbasis Musik

Taman Balai Kota Bandung

satumalukuID - Panitia khusus (Pansus) I DPRD Kota Ambon menjadikan Kota Bandung sebagai sampel untuk menggodok dan menyusun Rencana Peraturan Daerah (Ranperda) kota kreatif berbasis musik.

Dalam lawatan rombongan Pansus I ke Dinas Pariwisata Kota Bandung, Senin (11/3), anggota pansus I Ari Sahertian yang dihubungi via telepon selulernya menjelaskan, kedatangan rombongan mendapat jamuan yang baik dari Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Pariwisata dalam rangka membangun koordinasi pembahasan Ranperda kota kreatif berbasis musik bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menuju sebagai kota musik.

Sebagaimana diketahui bahwa Kota Bandung juga termasuk kota kreatif musik yang juga merupakan sebuah destinasi wisata dari kota yang juga memiliki empat keunggulan sesuai dengan penjelasan dari Dinas Pariwisata kota setempat.

"Dari pertemuan ada beberapa penjelasan yang disampaikan Dinas Pariwisata setempat, dengan membangun kota kreatif. dengan berbagai inovasi-inovasi dan berbagai tantangan yang dihadapi," ujarnya.

Oleh sebab itu, menurut Sahertian, berbagai masukan dalam pertemuan Pansus I dengan pihak Dinas tersebut akan menjadi referensi Pansus untuk pembahasan rancangan perundang-undangan (Ranperda) tentang kota kreatif berbasis musik.

Hal ini dimaksud agar Renperda yang dirancang betul-betul menjadi Perda yang memiliki kekuatan hukum sebagai landasan dalam proses dinamika pembangunan Kota Ambon sebagai kota kreatif tetapi juga berbasis musik.

"Dari penjelasan dan komunikaai yang pansus bangun sangat optimis bahwa Kota Ambon nantinya setelah Ranperda ini selesai dibahas dan ditetapkan menjadi Perda akan membangun kota dengan berbgai inovasi-inovasi yang berkreasi," ungkapnya.

Dengan demikian nantinya jika Perda nya sudah ditetapkan secara tidak langsung akan berimplikasi pada maayarakat.

Disinggung soal pembahasan Ranperda nya, lanjut Sahertian, bahwa setelah sekembalinya dari Bandung dengan berbagai referensi yang telah diterima akan secepatnya menggodok Renperda nya dan optimis akan selesai sebelum akhir April bulan depan. Ranperda tentang Kota Ambon sebagai kota kreatif berbasis musik.

Turut hadir dalam kesempatan itu Ketua DPRD Kota Ambon, Ir. Jemy Matita. (SM-10)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!