Sekilas Info

Murad dan Orno, Sama-sama Mengukir Sejarah Baru di Balik Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku

Murad Ismail dan Barnabas Orno

satumalukuID - Pasangan Murad Ismail dan Barnabas Orno, dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku pada 13 Maret 2019 oleh Presiden Joko Widodo.

Dengan dilantiknya, Murad Ismail dan Barnabas Orno menjadi gubernur dan wakil gubernur, maka ada dua peristiwa bersejarah di Maluku.

Pertama, baru kali ini ada Gubernur Maluku yang berlatarbelakang polisi. Kedua, baru kali ini Wakil Gubernur Maluku berasal dari wilayah Maluku Barat Daya, sebuah kabupaten yang baru dimekarkan dari Kabupaten Maluku Tenggara Barat (sekarang Kepulauan Tanimbar, Red) pada tahun 2008 lalu.

Khusus Murad, sejarah Maluku mencatat, sejak tahun 1945, Maluku yang merupakan salah satu dari delapan provinsi yang sudah ada sejak Indonesia merdeka dipimpin oleh tokoh berlatarbelakang aktivis pergerakan kemerdekaan, TNI dan birokrat.

Ada Mr. J.J Latuharhari, M. Djosan, Muhammad Padang, Soemitro, Soumeru, Hasan Slamet, Sebastian Soekoso, M. Akib Latuconsina, DR. M. Saleh Latuconsina, Brigjen TNI (Purn) Karel Albert Ralahalu, dan Said Assagaff.

Sepanjang hampir 74 tahun keberadaan Provinsi Maluku, belum pernah satupun tokoh berlatarbelakang polisi menjabat gubernur. Dan itulah yang dicapai Murad Ismail saat ini.

Karir kepolisian Murad pun bukan ecek-ecek. Terakhir sebelum maju dalam kontestasi Pilkada Maluku, dia masih menjabat sebagai Kepala Korps Brimob Mabes Polri dengan pangkat Inspektur Jenderal Polisi. Jabatan Kakor Brimob dia tinggalkan karena Undang Undang mengharuskan setiap polisi aktif mundur dari kedinasan jika ikut kontestasi politik.

Dari penelusuran satumalukuID, sebelumnya belum ada satupun putra Maluku yang menduduki jabatan tertinggi sebagai Kakor Brimob. Bahkan, sejak jabatan Kakor Brimob masih dijabat jenderal bintang satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen).

Murad Ismail sendiri saat ini berusia 58 tahun. Dia lahir di Ambon pada September 1961 dan menyelesaikan Akademi Kepolisian pada 1985. Sejak lulus Akpol, dia memang bertugas di kesatuan Brimob dan pernah menjabat Dansat Brimob Polda Maluku serta Polda Sumatera Utara, dan Polda Metro Jaya, sebelum akhirnya menjabat sebagai Kapolda Maluku dan Kakor Brimob.

Sementara itu khusus untuk Wakil Gubernur Barnabas Orno, selain merupakan Wakil Gubernur pertama Maluku asal Kabupaten Maluku Barat Daya, dia juga merupakan putra daerah setempat yang pertama kali menjadi bupati di kabupaten tersebut.

Bahkan, sebelum menjadi Bupati MBD, pria beristri seorang pendeta ini sempat menjadi Wakil Bupati di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (sekarang Kepulauan Tanimbar, Red).

Pria kelahiran Letoda Pulau Lakor MBD tahun 1963 ini mengawali karier sebagai seorang birokrat di Provinsi Maluku. Dia menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah pertama di Pulau Lakor dan Serwaru serta menamatkan pendidikan menengah atas di SMA Kristen Urimessing, Ambon.

Barnabas Orno kemudian menyelesaikan pendidikan tinggi di Fisip Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Ambon dan mencatatkan dirinya sebagai alumnus UKIM pertama yang menjabat Wakil Gubernur Maluku.

(petra josua)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!